alam, Dipo (2012) Pengaruh Kualitas Informasi Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia,Tbk Cabang Malang-Martadinata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Kualitas Informasi Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia,Tbk Cabang Malang-Martadinata)”, dilatarbelakangi oelh perkembangan teknologi yang begitu cepat serta peranan data dan informasi yang begitu penting bagi pelaku bisnis atau dalam fokusnya kualitas informasi tersebut akan diuji apakah dapat memuaskan nasabah dalam memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi kualitas informasi terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanotory serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas informasi internet banking dengan kepuasan nasabah. Populasi penelitian ini cukup banyak, dalam perkembangannya peneliti mengambil sampel sebanyak 77 orang yang kesemuanyya nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk cabang Malang-Martadinata dengan teknik sampling yaitu accidental sampling . Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel kualitas informasi internet banking dan kepuasan nasabah. PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk cabang Malang-Martadinata dengan cara tabulasi skor hasil penelitian untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh kualitas informasi internet banking dan seberapa tinggi kepuasan yang dicapai nasabah pada tingkat siginifikansi < 0,05 dan data diolah menggunakan computer spss 17 for windows. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda yang menunjukkan nilai signifikansi F yaitu 0,003 < 0,05 (alpha) dan nilai adjusted R square yaitu sebesar 0,139. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi arau sumbangan variabel kualitas informasi internet banking adalah sebesar 13,9% sedangkan sisanya 86,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas informasi internet banking terhadap kepuasan nasabah sehingga keputusan terhadap hipotesis baik secara parsial dan simultan terbukti dan dapat diterima. Kemudian dari penghitungan statistik dapat disimpulkan juga variabel relevansi (X3) mempunyai pengaruh parsial yang terbesar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel kualitas informasi internet banking terhadap kepuasan nasabah. Secara keseluruhan variabel bebas maupun terikat sudah baik hanya lebih baik jika perusahaan lebih mengoptimalkan penerapan unsur (item) yang ada dalam variabel keakuratan dan ketepatan yang dampaknya pada kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/502/051203591 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 14:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115625 |
Preview |
Text
cover_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
tanda_pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |