Hakim, MohammadLuqmanul (2012) Pengaruh Penggunaan Internet Banking terhadap Kepuasan User (Studi kasus pada pengguna internet banking PT Bank Central Asia, Tbk Cabang Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan besarnya pengaruh kegunaan, kemudahan, kesenangan, keamanan terhadap kepuasan user secara parsial dan simultan Jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah explanatory research . Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dengan pengambilan sampel berjumlah 96 orang nasabah Bank BCA Cabang Banyuwangi dengan menggunakan rumus Slovin pengambilan sampel secara aksidental. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan SPSS 13.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama - sama (simultan) variabel bebas dalam penelitian adalah variabel kegunaan, variabel kemudahan, variabel kesenangan dan variabel keamanan berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan user , yang ditunjukkan dengan nilai F hitung 60.299 lebih besar dari F tabel yaitu 2.472 dan nilai probabilitas sebesar 0,000. Hal ini berarti variabel kegunaan, variabel kemudahan, variabel kesenangan dan variabel keamanan berpengaruh secara simultan terhadap variabel kepuasan user . Sedangkan hasil secara parsial masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan user , yang ditunjukkan dengan besarnya nilai t-hitung masing-masing variabel di atas t-tabel (1.661) dan signifikansi masing-masing variabel di bawah 5% sehingga dapat disimpulkan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan user. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini agar selanjutnya menggunakan atau menambahkan variabel lain seperti variabel kuantitas informasi, kualitas koneksi internet , keengganan berubah, kepercayaan dan hubungan, biaya. Dengan penambahan ini dapat memberikan informasi ilmiah yang lebih lengkap, mendalam dan teruji yang pada akhirnya akan dapat memberikan sumbangan didalam memajukan bidang akademik atau dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Saran bagi bank agar lebih meningkatkan kinerja internet banking agar lebih tercipta kepuasan nasabah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/501/051203590 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 13:55 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 08:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115624 |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR_DAN_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_123.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_45.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |