Rantai Nilai Produk Kopi Biji Salak Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Umkm Kunara, Kabupaten Jombang

Rahayu, Herlin Fuji (2018) Rantai Nilai Produk Kopi Biji Salak Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Umkm Kunara, Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rantai nilai merupakan cara untuk memandang suatu perusahaan sebagai rantai aktivitas yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan Tujuan rantai nilai yaitu untuk mengenali kekuatan dan kelemahan UMKM, sehingga akan mewujudkan peningkatan keunggulan bersaing UMKM. Pada penelitian kali ini dilakukan di UMKM Kunara. UMKM Kunara merupakan UMKM yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian khususnya buah salak yang di olah menjadi kopi biji salak yang memiliki nilai jual yang tinggi di Kabupaten Jombang. Penelitian yang dilakukan pada UMKM Kunara yaitu terkait nilai tambah produk kopi biji salak dan rantai nilai. Pada rantai nilai yang akan di analisis meliputi aktivitas primer dan sekunder. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis besar nilai tambah pengolahan kopi biji salak, menganalisis aktivitas primer dan aktivitas sekunder yang dapat di gunakan untuk meningkatkan keunggulan bersaing pada UMKM Kunara. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis nilai tambah dan rantai nilai, selain itu responden yang di gunakan oleh peneliti sebanyak 7 orang meliputi pemilik, dan 6 tenaga kerja, sehingga hasil dari jawaban responden nantinya akan digunakan untuk menghitung nilai tambah serta bobot, nilai, dan skor pada analisis rantai nilai. Hasil penelitian nilai tambah terkait produk kopi biji salak menghasilkan nilai tambah sebesar Rp 28.378. Keuntungan yang diperoleh setiap satu kilogram yaitu Rp 26.386. Nilai tambah pada kopi biji salak menghasilkan nilai tambah yang tinggi dikarenakan memiliki rasio nilai tambah yang tinggi yaitu > 40%, rasio nilai tambah pada UMKM Kunara tersebut sebesar 71%. Pada nilai tambah juga menghitung biaya bahan baku, upah rata-rata tenaga kerja dan sumbangan input lain. Biaya bahan baku yang di keluarkan sebanyak Rp 2.500/ kg, upah rata-rata tenaga kerja Rp 3.571/kg dan sumbangan input lain Rp 9.122/kg, sedangkan untuk analisis rantai nilai dihasilkan skor tertinggi dan terendah pada aktivitas primer maupun sekunder. Aktivitas primer yang memiliki skor tertinggi sebesar 2,52 yaitu aktivitas logistik ke dalam yang meliputi aktivitas penggunaan bahan baku dan persediaan, sedangkan untuk aktivitas yang memiliki skor terendah yaitu aktivitas pelayanan dimana memiliki skor 0,16 aktivitas tersebut meliputi aktivitas penanganan komplain dan interaksi konsumen. Hasil lain pada aktivitas sekunder yang memiliki skor tertinggi yaitu aktivitas pengembangan teknologi dengan sub aktivitas kelengkapan peralatan yang dimana memiliki skor 0,33, sedangakan untuk aktivitas yang memiliki skor terendah yaitu manajemen sumber daya manusia yang memiliki skor 0,16 dimana pada sub aktivitas rekrutmen dan kompenasai tenaga kerja. Pada analisis rantai nilai yang memiliki skor tertinggi dapat meningkatkan keunggulan bersaing sedangkan skor terendah pada aktivitas primer perlu dilakukan peningkatan kinerja aktivitas dengan cara menerapkan layanan komplain konsumen yang meliputi kotak saran di setiap outlet yang ii bermitra dan mencatumkan nomer telepon pada kemasan. Selain itu aktivitas sekunder yang memiliki skor terendah yaitu manajemen sumber daya manusia sehingga untuk meningkatkan keunggulan kinerja aktivitas pada manajemen sumber daya manusia di UMKM Kunara maka perlu adanya penerapan rekrutmen karyawan dengan cara mengiklankan lowongan pekerjaan di sosial media, seleksi administrasi, interview awal pemilihan tenaga kerja dan negosiasi gaji, dari hal tersebut dapat menciptakan keunggulan bersaing UMKM Kunara. Saran lain yang diberikan yaitu repositioning dengan cara menjalin kerjasama dengan himpunan kesehatan untuk melakukan promosi produk dan edukasi terkait produk UMKM. Mengingat pemilik UMKM merupakan salah satu anggota Himpunan Makanan dan Minuman Kabupaten Jombang, sehingga memudahkan dalam melakukan kegiatan pemasaran yang dapat menarik konsumen untuk bergabung dalam himpunan tersebut. Konsumen yang bergabung dalam himpunan akan mendapatkan fasilitas berupa pengecekan kesehatan konsumen setiap satu minggu sekali dan dilakukannya workshop terkait kesehatan satu bulan sekali. Sebagian besar konsumen yang bergabung merupakan pelanggan setia dari produk UMKM salah satunya kopi biji salak, sedangkan saran lain untuk mengembangkan produk agar menarik konsumen dapat dilakukan dengan cara menambahkan varian rasa seperti capuccino, caramel, kopi susu, mocca, dan latte.

English Abstract

Strategic competitive advantage create a different UMKM with an others. Basically competitive advantage in UMKM can create buying value to a product. Competitive advantage includes the many different activities that UMKM undertakes in designing, producing, marketing, delivering, and supporting its products (Porter, 1994) so that analysis needed to increase competitive advantage. The analysis are using value chain and added value. Value chain is the internal activity of production starting from raw material inventory to product marketing. The internal activity includes primary and secondary activities, while the added value analysis is used to know the value added rate from 1 kg of raw material until become output so that consumer get more value from that product. Added Value and value chain analysis in this research is done in UMKM Kunara Jombang which produces coffee from salak seed. This research objective are to analyze the added value of the processing of salak seeds into coffee and analysis the primary and secondary value chain activities at UMKM Kunara. Quantitative descriptive method is used to explain value added and chain analysis. In the value added analysis using Hayami calculation table to know the level of added value and profit from salak seed coffee. Value chain analysis calculation tables uses weight, scores and value wich that score obtained later to make value chain mapping. The score is used to determine the highest and lowest scores of primary and secondary activities that will later be used to increase competitive advantage. The result of research explain that added value of Salak seed coffee is Rp 28.378/kg from Rp 2.500 of raw material and Rp 3.571/kg of the average wage of labor and the other contribution Rp 9.122/kg so that Kunara UMKM earns Rp 26.386/kg profit. In addition, from value chain analysis the highest score on the primary activity is inbound logistics activities (2,52). The lowest score is service activity (0,16) while for the secondary activity that has the highest score the development of technology activities (0,33). The lowest score is human resources management activities (0,16). The highest score in value chain analysis can increase the competitive advantage while the lowest score on the primary activity must be improved by applying consumer complains. The secondary activites that have the lowest score of human resource management can be improved performance of UMKM Kunara with employee recruitment such as advertisement job vacancy in sosial media, administration selection, interview and salary negotiations. Another suggestion is repositioning by cooperation with the health association to promote their product and do education related UMKM product. The owners of UMKM is one member of the Food and Beverage Association of Jombang District, thait is supports marketing activity and attract consumers to join. Consumers who join will get a facility such as medical check up once a week and health workshop once a month. Most of the consumers who iv join are the loyal customers of UMKM product. To attract consumers, UMKM can add flavor variants as capuccino, caramel, coffee milk, mocca, and latte.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/274/051804311
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.17 Products > 338.173 73 Products (Coffee)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jun 2018 02:18
Last Modified: 20 Oct 2021 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11562
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN dan Summary.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN dan Summary.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 9088_DAFTAR ISI_(1) - Copy.pdf]
Preview
Text
9088_DAFTAR ISI_(1) - Copy.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of V. Hasil dan Pembahasan.pdf]
Preview
Text
V. Hasil dan Pembahasan.pdf

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of IV. Penutup.pdf]
Preview
Text
IV. Penutup.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of IV. Metode Penelitian.pdf]
Preview
Text
IV. Metode Penelitian.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of III. KERANGKA TEORITIS.pdf]
Preview
Text
III. KERANGKA TEORITIS.pdf

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of I. PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
I. PENDAHULUAN.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of cover 1.pdf]
Preview
Text
cover 1.pdf

Download (105kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item