Analisis Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi(Studi Kasus pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang Singosari)

Dirgantara, AriefRezki (2012) Analisis Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi(Studi Kasus pada Perusahaan Tegel Indah Cemerlang Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya tujuan utama perusahaan yang profit oriented adalah menghasilkan keuntungan maksimal yang diharapkan terus meningkat untuk setiap periode untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan maupun untuk membayar kewajiban-kewajiban perusahaan. Dalam mencapai tujuan tersebut dapat ditempuh dengan berbagai alternatif diantaranya Meningkatkan pendapatan perusahaan dengan cara menghemat atau menekan biaya produksi lebih mudah dilakukan oleh perusahaan karena biaya produksi termasuk kedalam unsur intern perusahaan yang dapat dikendalikan. Penelitian ini mengukur efisiensi biaya produksi perusahaan dengan metode Biaya Standar . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana objek penelitian adalah Perusahaan Tegel Indah Cemerlang, Singosari dengan periode penelitian 2011 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode Biaya Standar dapat menilai efisiensi biaya produksi perusahaan dengan lebih akurat. Dengan penilaian yang lebih akurat, perusahaan dapat melakukan perbaikan di bidang yang dianggap kurang, juga meningkatkan kualitas di bidang yang dianggap sudah baik. Peneliti juga memberikan beberapa masukan berdasarkan penghitungan yang dilakukan dengan metode Biaya Standar. Pada periode 2011 perusahaan menunjukkan terjadinya selisih rugi di biaya produksi yang terdiri dari Biaya bahan baku, Biaya tenaga kerja langsung dan Biaya overhead pabrik, maka sebaiknya pihak manajemen perlu segera mengadakan penyempurnaan biaya standar dan melakukan perencanaan biaya produksi secara cermat sebelum melakukan proses produksi agar perusahaan dapat bekerja secara efisien dan dapat menekan biaya produksi agar harga produk tetap kompetitif dengan harga pasar. Perusahaan Tegel Indah Cemerlang dalam menetapkan standar biaya masih perlu diadakan penyempurnaan. Hal ini mengingat masih besarnya penyimpangan antara biaya standar dengan biaya sesungguhnya. Selisih antara rencana dan realisasi jarang dievaluasi dan dibiarkan berlarut larut, kalaupun dievaluasi itupun kurang ada penanganan lebih lanjut, sehingga perusahaan tidak mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada pada perencanaan periode terdahulu dan terulang lagi pada periode berikutnya. Guna tercapai efisiensi biaya produksi,maka dalam merencanakan biaya produksi diperlukan pengendalian yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/480/051203569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 10:45
Last Modified: 23 Oct 2021 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115599
[thumbnail of 051203569.pdf]
Preview
Text
051203569.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item