Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010)”.

Salma, Hidli (2012) Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Harga Saham Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2010)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia jumlah emiten yang ada di Bursa Efek Indonesia meningkat. Meningkatnya jumlah emiten akan membawa kearah yang lebih baik pihak-pihak yang berkepentingan, antara lain bagi perusahaan akan lebih mudah dalam memperoleh modal, dan bagi investor akan mendapatkan return . Para pemodal tertarik untuk menginvestasikan dananya karena investasi dalam bentuk saham menjanjikan tingkat keuntungan yang lebih tinggi, baik dari deviden maupun dari capital gain . Akan tetapi investasi dalam bentuk saham juga mempunyai resiko yang tinggi sesuai dengan prinsip investasi yaitu low risk low return high risk high return. Untuk mengurangi resiko saham dibutuhkan informasi yang aktual, akurat dan transparan. Alat yang dapat membantu dalam melihat kondisi kinerja keuangan perusahaan adalah analisis rasio. Pemakaian analisis rasio keuangan dalam mewakili kinerja keuangan berdasarkan pada hasil penelitian terdahulu membuktikan bahwa terdapat pengaruh dan hubungan yang kuat antara rasio keuangan dengan perubahan harga saham, dan kegunaan rasio keuangan dalam mengukur dan memprediksi kinerja keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bahwa ROE/Return On Equity, EPS/Earning Per Share,DER/Debt to Equity Ratio, dan DAR/Debt to Asset Ratio Perusahaan makanan dan minuman berpengaruh terhadap harga saham dan ingin mengetahui manakah dari ROE/Return On Equity, EPS/Earning Per Share,DER/Debt to Equity Ratio, dan DAR/Debt to Asset Ratio Perusahaan makanan dan minuman yang berpengaruh dominan terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut adalah dengan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS yang memenuhi kriteria pengujian asumsi klasik ( Best Linier Unbiased Estimator) . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama tahun 2008-2010 dan sampel yang terpilih dengan metode Purposive Sampling , yaitu 14 perusahaan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ROE, EPS, DER, dan DAR berpengaruh secara simultan terhadap harga saham, dengan hasil F hitung sebesar 171.552 yang mana lebih besar dari F tabel sebesar 2.63. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap harga saham adalah variabel EPS, dengan nilai beta ( standardized coefficients) sebesar 0.89.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/476/051203565
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2012 16:05
Last Modified: 23 Oct 2021 13:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115594
[thumbnail of 051203565.pdf]
Preview
Text
051203565.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item