Analisis Break Even Point sebagai Dasar Kebijakan Penetapan Harga dan Perencanaan Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang Periode Tahun 2011)

Dewi, RarasPuspa (2012) Analisis Break Even Point sebagai Dasar Kebijakan Penetapan Harga dan Perencanaan Laba (Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Djagung Prima Malang Periode Tahun 2011). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Rokok Djagung Prima adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan rokok golongan kecil yang masih beroperasi di Indonesia. Perusahaan Rokok Djagung Prima memproduksi rokok kretek dengan produksi tangan atau disebut Sigaret Kretek Tangan (SKT) dengan tiga jenis produk, yaitu Rokok Djagung Prima Hijau, Rokok Djagung Prima Premium, dan Rokok Djagung Prima Istimewa. Perusahaan Rokok Djagung Prima melakukan pemisahan dan pembagian produksi dengan Perusahaan Rokok Djagung Padi untuk menjaga volume produksi yang kecil agar tetap berada pada level perusahaan rokok golongan kecil guna menghindari kenaikan tarif cukai. Volume produksi yang kecil ini menghasilkan nilai BEP yang rendah bagi Perusahaan Rokok Djagung Prima. Hal ini dikarenakan pembebanan biaya variabel yang kecil dengan biaya tetap yang tinggi, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan antara biaya yang dikeluarkan dengan hasil produksi. Maka dari itu, Perusahaan Rokok Djagung Prima dituntut untuk menemukan, menganalisis dan selanjutnya menerapkan alat perencanaan yang sesuai dalam penetapan harga produk dan perencanaan laba yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan an lisis Break Even Point dalam penetapan harga produk pada Perusahaan Rokok Djagung Prima agar terhindar dari kerugian, untuk mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai Perusahaan Rokok Djagung Prima untuk memperoleh peningkatan laba sebesar 10%, serta untuk mengetahui penerapan harga jual dan volume penjualan yang tepat pada Perusahaan Rokok Djagung Prima agar memperoleh laba yang memuaskan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan pada Perusahaan Rokok Djagung Prima Jalan Gribig No.2 Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai BEP yang dicapai perusahaan adalah sebesar Rp 1.160.929.962,125, dengan perincian: Rokok Djagung Prima Hijau adalah sebesar Rp 1.123.168.270,28 atau 452.502 pack, Rokok Djagung Prima Premium sebesar Rp 16.756.568,26 atau 6.343 pack, dan Rokok Djagung Prima Istimewa sebesar Rp 9.728.239,96 atau 3.603 pack. Besarnya penjualan minimal yang harus dicapai perusahaan pada tahun 2012 agar terhindar dari kerugian dan mendapatkan peningkatan laba sebesar 10% adalah sebesar Rp 3.095.813.232,33, dengan perincian Rokok Djagung Prima Hijau dengan penjualan minimal sebesar Rp 3.000.990.055,50 atau 1.200.396 pack, Rokok Djagung Prima Premium dengan penjualan minimal sebesar Rp35.374.977,44 atau 13.605,76 pack, dan Rokok Djagung Prima Istimewa sebesar Rp 16.676.982,79 atau 6.064,36 pack. Peningkatan harga jual sebesar 20% untuk ketiga jenis produk pada Perusahaan Rokok Djagung Prima menyebabkan penurunan nilai BEP dibandingkan dengan tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 442.259.033,19. Pemotongan harga sebesar 5% untuk ketiga produk disertai dengan peningkatan volume penjualan berdasarkan anggaran penjualan untuk tahun 2012 sebesar 400% untuk Rokok Djagung Prima Premium dan 500% untuk Rokok Djagung Prima Istimewa menyebabkan peningkatan laba serta perubahan nilai BEP pada ketiga produk. Nilai BEP pada produk Rokok Djagung Prima Premium menurun tajam dari tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 1.469.983,76, sebaliknya Rokok Djagung Prima Istimewa mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp 15.565.183,93. Besarnya laba pada tahun 2012 setelah dilakukan analisis BEP adalah sebesar Rp 1.415.582.451,16 jauh lebih besar daripada tahun 2011 sebelum dilakukan analisis BEP, yaitu sebesar Rp 581.757.451,16. Hal ini membuktikan bahwa analisis BEP merupakan analisis yang tepat digunakan perusahaan sebagai dasar kebijakan penetapan harga yang tepat dan perencanaan laba yang baik guna mendapatkan laba yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/462/051203551
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Dec 2012 13:25
Last Modified: 22 Oct 2021 08:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115579
[thumbnail of 6._BAB_I.pdf]
Preview
Text
6._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_II.pdf]
Preview
Text
7._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_III.pdf]
Preview
Text
8._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
9._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_V.pdf]
Preview
Text
10._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item