Penerapan Kebijakan Penjualan Kredit Dalam Usaha Meningkatkan Rentabilitas (Studi Pada Pt. Barindo Anggun Industri Surabaya)

Widyastuti,Pristiana (2012) Penerapan Kebijakan Penjualan Kredit Dalam Usaha Meningkatkan Rentabilitas (Studi Pada Pt. Barindo Anggun Industri Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keunggulan kompetitif bagi perusahaan merupakan tujuan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Perusahaan menerapkan berbagai strategi guna memenangkan persaingan pasar yang semakin ketat. Analisis strategik yang perlu diperhatikan perusahaan salah satunya adalah strategi di bidang penjualan. Penjualan merupakan suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan rencana strategis yang diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan pembeli, demi memperoleh penjualan yang menghasilkan laba. Kebijakan penjualan kredit dan pengelolaan piutang perlu diterapkan untuk menjaga dan meningkatkan laba/keuntungan perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT. Barindo Anggun Industri yaitu suatu badan usaha yang bergerak di bidang pembuatan katup air dan meteran air. Selama tiga tahun terakhir yaitu periode 2008-2010, PT. Barindo Anggun Industri mengalami penurunan hasil penjualan. Penurunan hasil penjualan tersebut berpengaruh pada keuntungan yang akan diterima perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kebijakan kredit yang diterapkan perusahaan, membandingkan kebijakan penjualan kredit yang telah dibuat dan sudah dilakukan, menganalisis laporan keuangan perusahaan, membandingkan rasio likuiditas, rasio aktivitas dan rasio rentabilitas dan memproyeksikan laporan keuangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kebijakan penjualan kredit yang diterapkan perusahaan tidak mampu meningkatkan volume penjualan namun demikian, penerapan kebijakan penjualan kredit dalam pengelolaan piutang mampu mengurangi penumpukkan piutang usaha. Rentabilitas perusahaan mengalami fluktuasi selama periode 2008-2010. Hal tersebut dikarenakan pengelolaan aktiva dan modal belum dilakukan secara konsisten. Demi meningkatkan volume penjualan agar tercapai kenaikan rentabilitas, perusahaan perlu mengoptimalkan total aktiva atau modal yang ada secara efisien, selain itu perusahaan perlu mengembangkan strategi pemasaran seperti promosi yang gencar, mendirikan distributor yang lebih terjangkau konsumen dan ekspansi pasar luar negeri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/46/051200685
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2012 08:29
Last Modified: 22 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115577
[thumbnail of 051200685.pdf]
Preview
Text
051200685.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item