Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi pada PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing),

Hardianto, Kurniawan (2012) Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku dan Pengeluaran Kas dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi pada PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya memerlukan adanya sistem akuntansi. Salah satu sistem yang dimiliki perusahaan adalah sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas. Penerapan sistem akuntansi pembelian bahan baku dan pengeluaran kas dalam perusahaan bertujuan untuk mengatur segala transaksi dan kegiatan yang berhubungan dengan pembelian dan pengeluaran kas, yang terjadi berulang-ulang dalam perusahaan sehingga perusahaan dapat melaksanakan kewajibannya dengan tepat, efektif, dan efisien. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang hendak dicapai, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus permasalahan adalah fungsi-fungsi yang terkait dalam sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas, formulir dan dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, dan jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi pembelian bahan baku dan pengeluaran kas, serta pengendalian intern perusahaan yang diterapkan oleh PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing, Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas pada PT. Mitsubishi Krama Yudha Motors And Manufacturing telah sesuai dengan tujuan pengendalian intern walaupun masih terdapat kekurangan seperti kurangnya rangkap dokumen untuk setiap bagian-bagian tertentu, pencatatan setiap transaksi kedalam catatan akuntansi dilakukan setelah melakukan proses pembayaran. Oleh karena itu dapat diberikan saran untuk memperbaiki dokumen yang digunakan, prosedur pencatatan akuntansinya agar meningkatkan pengendalian intern yang ada dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/453/051203542
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2012 14:45
Last Modified: 22 Oct 2021 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115570
[thumbnail of 051203542.pdf]
Preview
Text
051203542.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item