Implementasi Master Plan Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Malang Tentang Pengembangan Kawasan Minapolitan Kabupaten Malang Periode 2011-2012

Baihaqi, Rohan (2012) Implementasi Master Plan Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Malang Tentang Pengembangan Kawasan Minapolitan Kabupaten Malang Periode 2011-2012. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya permasalahan dalam implementasi kebijakan yang dilakukan para birokrat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan dalam bentuk program ataupun proyek. Dari beberapa kasus yang terjadi, terlihat bahwa dalam melaksanakan suatu kebijakan bukan merupakan hal yang mudah seperti dalam merumuskan kebijakan itu sendiri yang terlihat sangat baik, tepat, bahkan terlihat sempurna dalam tataran formulasi atau perumusan kebijakan. Implementasi Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor KEP.18/MEN/2011 tentang pedoman umum minapolitan dalam kaitannya dengan alokasi program, kegiatan pokok, dan penunjang minapolitan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang yang dilaksanakan di Kecamatan Wajak tidak berjalan dengan baik atau tidak sesuai dengan pedoman maupun teori yang seharusnya dijadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan minapolitan Kabupaten Malang. Banyaknya permasalah yang muncul merupakan gambaran dari tidak dipakainya pedoman yang jelas oleh implementor dalam melaksanakan kegiatan pembudidayaan perikanan sampai pemasaran hasil perikanan yang sudah tersusun dengan sangat baik dalam berbagai aturan yang dibuat oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Inti dari kebijakan ini adalah keseriusan dari semua stakeholders untuk saling bekerja sama dalam mengimplementasikan kebijakan yang sudah terumuskan dengan baik tanpa memandang latar belakang semua lapisan masyarakat. Keseriusan tersebut akan menimbulkan semangat pembangunan untuk menjadikan daerah pesisir dan sekitarnya yang saat ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah yang menggunakan land bases dalam prioritas pembangunannya menjadi lebih diprioritaskan dalam rencana pembangunan nasional atau merubah mindset masyarakat ataupun pemerintah menuju pembangunan yang berbasis kelautan atau archipelago bases.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/451/051203540
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 14:40
Last Modified: 22 Oct 2021 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115568
[thumbnail of Rohan,_FIA_Publik_'08.pdf]
Preview
Text
Rohan,_FIA_Publik_'08.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item