Metode SLIMS (Sucofindo Laboratory Internal Management System) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan (Studi Pada PT. SUCOFINDO Persero, Kantor Cabang Laboratorium Ahmad Yani Surabaya)

Faradies, Riyah (2012) Metode SLIMS (Sucofindo Laboratory Internal Management System) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan (Studi Pada PT. SUCOFINDO Persero, Kantor Cabang Laboratorium Ahmad Yani Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar tentang manajemen sistem informasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam rangka memaksimalkan kepuasaan pelanggan, salah satunya yaitu menerapkan metode sistem SLIMS (Sucofindo Laboratory Internal Management System) yang dikeluarkan oleh perusahaan PT. SUCOFINDO (Persero), Kantor Cabang Laboratorium Ahmad Yani Surabaya. SLIMS (Sucofindo Laboratory Internal Management System) merupakan produk sistem yang berorientasi pada pelayanan pelanggan. Pada intinya produk SLIMS ini mengarah pada hasil akhir yakni jasa pelayanan pembuatan serta penerbitan sertifikat yang bergerak dalam bidang inspeksi dan supervisi yang mengkaji dan menguji beberapa lingkup antara lain seperti: pemeriksaan produk industri dan konsumen, rekayasa dan transportasi, mineral, sektor pertanian, serta minyak dan gas. Sejarah SLIMS ini pada awalnya diterbitkan pada tahun 2002 oleh PT. SUCOFINDO (Persero) pusat yang berada di kawasan Cibitung, Jakarta. Namun pada mulanya, SLIMS hanya sebatas penerimaan laporan order (perintah kerja) saja dari konsumen yang berpusat pada Customer Service perusahaan, jadi tidak sampai pada proses yang terstruktur dan terencana. Kemudian pada tahun 2007, SLIMS sudah memiliki sistem yang teratur dan detail mulai dari alur pemprosesan pelayanan pelanggan (pendaftaran order pelanggan), kemudian pada operasi dan analisa, dilanjutkan pada proses keuangan/ pembayaran, sampai yang terakhir yakni pembuatan dan penerbitan sertifikat. Proses ini terus berlanjut sampai saat ini sebagai sebuah sistem pelayanan jasa pelanggan. Keanekaragaman jenis jasa dikemas secara terpadu, didukung tenaga ahli, jaringan kerja yang luas serta kemitraan usaha strategis dengan beberapa Institusi Internasional, telah memberikan nilai tambah terhadap layanan yang diberikan oleh produk SLIMS ini pada khususnya serta juga PT. SUCOFINDO (Persero) pada umumnya. Melalui pendekatan manajemen mutu terpadu PT. SUCOFINDO (Persero) bertekad untuk senantiasa meningkatkan kemampuan daya saingnya menghadapi pasar global dan juga senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/439/051203528
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 09:57
Last Modified: 22 Oct 2021 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115555
[thumbnail of Cover,_dapus,_lampiran.pdf]
Preview
Text
Cover,_dapus,_lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of motto,_pernyataan,_orisinalitas.pdf]
Preview
Text
motto,_pernyataan,_orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Sistem_informasi_manajemen.pdf]
Preview
Text
Sistem_informasi_manajemen.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Keterangan.pdf]
Preview
Text
Surat_Keterangan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of A1.pdf]
Preview
Text
A1.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item