Revitalisasi Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pasar Dinoyo Kota Malang)

Hidayaturrokhman (2012) Revitalisasi Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pasar Dinoyo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan Revitalisasi Pasar Tradisional bertujuan untuk mendorong pasar tradisional agar dapat bersaing dengan maraknya pasar modern. Revitalisasi merupakan suatu cara untuk membuat pasar tradisional tidak ditinggalkan masyarakat dan menjadikan pasar menjadi pusat ekonomi daerah. Banyaknya bermunculan pasar modern seperti supermaket dan mall membuat posisi pasar tradisional akan mundur. Apalagi pasar tradisional yang ada masih pada masalah-masalah kuno yang menimpa pasar tradisional pada umumnya. Jika dibiarkan cepat atau lambat pasar tradisional tinggal nama. Dengan demikian pasar tradisional dalam keadaan kritis dan Revitalisasi merupakan cara untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan Revitalisasi Pasar Tradisional di Pasar Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan mengambil data yang berasal dari narasumber, tempat dan peristiwa serta dokumen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model spradley dengan menitikberatkan pada wawancara terfokus kepada masing-masing narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan Revitalisasi di Pasar Dinoyo Kota Malang belum cukup untuk membuat vital kembali setelah adanya pembangunan karena kurangnya “Proteksi Aturan” yangdibuat pemerintah sehingga suatu saat akan menyebabkan lagi kemunduran bagi pasar tradisional. Selain itu dalam melakukan revitalisasi harus sesuai dengan Buku Pedoman Pemberdayaan Pasar Tradisional dan Aturan-aturan mengenai penataan pasar tradisional (2) Dalam melaksanakan Revitalisasi Pasar Dinoyo terdapat faktor penghambat dan pendukungnya. Faktor penghambatnya adalah tidak adanya koordinasi antara pemerintah, pihak swasta dan pedagang sehingga menimbulkan konflik. Untuk faktor pendukungnya adalah kesiapan dari pedagang sendiri, selain itu kondisi pasar tidak layak lagi untuk digunakan sebagai tempat berdagang.

English Abstract

Implementationof the revitalization markets aims to push tradisional markets to complete with modern market. Revitalization is a way to make tradisional markets are not left out of society and make tradisional markets into regional economic center. Many emerging markets such as supermarkets and mall make traditional market position back. Traditional markets are still on the problems that befell the ancient traditional markets in general. If in leave sooner or later the traditional markets is name. Thus the traditional markets in critical condition and the revitalization of the way to overcome them.The purpose of this research is to investigate and analyze the implementation of the revitalization of traditional markets in Dinoyo Market, Malang City. This research is a type of qualitative research with descriptive method. By taking the data coming from the speakers, places and events as well as documents. Data collection conducted by interview, observation, and documentation. Analysis of the data used a model Spradley with emphasis on the interview focused on each speaker. The results of this research indicate that: (1) In The implementation of the revitalization in the Dinoyo Market, Malang City not enough to make a return after the construction of vital because of the lack of “protection rules” set by the government so that a time will cause another setback for the traditional markets again. Otherwise it must be revitalized in accordance with the handbook empowerment of traditional markets and the rules regarding the arrangement of traditional.. (2) In implementing the revitalization of Dinoyo Market there are inhibiting factors and supporters. Inhibiting factor is the lack of coordination between government, private sector and merchants, giving rise to conflict. For supporting factor is the readiness of the mechants themselves, in addition to market conditions unfit for use as a place to trade.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/437/051203526
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi, Pasar Tradisional, Pasar Dinoyo, Kota Malang; Revitalization, Tradisional Markets, Dinoyo Market, Malang City.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 10:02
Last Modified: 10 Nov 2021 03:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115553
[thumbnail of Hidayaturrokhman_(0810310061).pdf]
Preview
Text
Hidayaturrokhman_(0810310061).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item