“Perencanaan Pengembangan Wilayah Kraksaan Menjadi Ibu Kota Baru Kabupaten Probolinggo” (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo).

Wiranata, YurisIndra (2012) “Perencanaan Pengembangan Wilayah Kraksaan Menjadi Ibu Kota Baru Kabupaten Probolinggo” (Studi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah dengan perkembangan ekonomi yang cukup pesat. Berbanding terbalik dengan perkembangan ekonomi yang pesat, Kabupaten probolinggo justru tidak mempunyai ibukota kabupaten sejak Kota Probolinggo memisahkan diri dengan Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, Kabupaten Probolinggo layak mempunyai ibukota kabupaten setelah disahkannya Peraturan Pemerintah no 2 Tahun 2010 tentang Pemindahan Ibu Kota Probolinggo Dari Wilayah Kota Probolinggo Ke Wilayah Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Laporan penelitian ini bermaksud mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan Pengembangan Wilayah dalam perspektif Perencanaan Pengembangan Wilayah Kraksaan Menjadi Ibu Kota Baru Kabupaten Probolinggo. Fokus penelitian ini, pertama, perencanaan pengembangan wilayah Kabupaten Probolinggo antara lain Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kebijakan Perwilayahan Kabupaten Probolinggo; kedua, perencanaan pembangunan Ibukota Kraksaan sebagai bagian dari perencanaan wilayah Kabupaten Probolinggo antara lain kondisi kekinian wilayah Kraksaan, pengembangan wilayah Kraksaan dalam rencana tata ruang wilayah Kabupaten Probolinggo, dan peran Badan Perencanaan Pembangunan daerah Kabupaten Probolinggo; ketiga , faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan pengembangan wilayah Kraksaan antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Probolinggo melakukan perencanaan pengembangan wilayah perkotaan yang mempunyai fungsi sesuai dengan potensi daerah. Seperti misalnya perkotaan Kraksaan, akan dikembangkan menjadi Pusat Kegiatan Lokal (PKL) yang berfungsi sebagai ibukota dan pusat pemerintahan. Dalam proses perencanaan pembangunan yaitu tahap penentuan titik awal kondisi daerah, wilayah Kraksaan sudah mempunyai fasilitas perkotaan yang lebih lengkap dibanding dengan wilayah lain di Kabupaten Probolinggo. Dari kondisi kekinian wilayah Kraksaan mempunyai potensi dan hambatan yang berjalan beriringan. Dalam perencanaannya, wilayah Kraksaan akan mengalami perkembangan di berbagai elemen perkotaan seperti penataan jalur lingkar hingga pembangunan sekretariat pemerintah Kabupaten Probolinggo Berdasarkan pemaparan di atas dapat dipahami bahwa proses perencanaan pengembangan wilayah Kraksaan menjadi ibukota Kabupaten Probolinggo merupakan perencanaan yang menyeluruh. Pengembangan wilayah Kraksaan membutuhkan waktu dan dana yang sangat besar. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama dari berbagai sektor pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengisi pembangunan Kraksaan agar menjadi kota yang ramah terhadap masyarakatnya serta ibukota yang dapat mencerminkan seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/425/051203514
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Oct 2012 11:44
Last Modified: 22 Oct 2021 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115541
[thumbnail of 1._Halaman_depan.pdf]
Preview
Text
1._Halaman_depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
2._Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_I.pdf]
Preview
Text
3._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_II.pdf]
Preview
Text
4._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_III.pdf]
Preview
Text
5._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_V.pdf]
Preview
Text
7._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._Daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
8._Daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._Lampiran.pdf]
Preview
Text
9._Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item