Analisis Prosedur Pemberian Bank Garansi Dalam Upaya Membantu Nasabah Bank Terhadap Pihak Ketiga (Studi Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang)

Kusumasari, FebrieIndah (2012) Analisis Prosedur Pemberian Bank Garansi Dalam Upaya Membantu Nasabah Bank Terhadap Pihak Ketiga (Studi Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya proyek yang sedang dikerjakan pemerintah menyebabkan banyaknya pekerja proyek yang meminta jaminan bank untuk mendukung pelaksanaan proyek tersebut. Persoalan yang timbul akibat jaminan ini yaitu wanprestasi, pemalsuan, serta banyaknya pekerja proyek yang berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat di dalam mengikuti tender pekerjaan. Sejalan dengan upaya mencegah wanprestasi , pemalsuan akibat dari banyaknya pekerja proyek yang meminta Bank Garansi, maka diperlukan suatu prosedur yang baik untuk penerbitan Bank Garansi. Prosedur yang baik yaitu melewati tahap permohonan Bank Garansi, tahap pemberian Bank Garansi, dan tahap pengawasan Bank Garansi yang disertai dengan pengendalian intern yang baik oleh bank. Peranan prosedur bagi bank sangatlah penting untuk mengetahui kelemahan yang terjadi di dalam proses penerbitan Bank Garansi serta mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang terjadi pada bank. Apabila prosedur sudah dilakukan dengan benar, maka akan mempercepat pihak kontraktor untuk mengikuti tender pekerjaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank Jatim Cabang Malang dikarenakan pada Bank yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Jawa Timur ini memiliki beberapa masalah di dalam pelaksanaan prosedur pemberian Bank Garansi. Masalah tersebut terkait dengan menurunnya jumlah Bank Garansi yang disalurkan selama tahun 2008-2012 (sampai bulan maret) serta adanya prosedur yang belum dilakukan yaitu Pengawasan Bank Garansi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis struktur organisasi, analisis prosedur pemberian Bank Garansi, analisis dokumen dan formulir, serta menganalisis masalah terkait Bank Garansi serta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil penelitian menerangkan bahwa di dalam struktur organisasi PT. Bank Jatim Cabang Malang khususnya di bagian Bank Garansi hanya ada satu karyawan yang melayani pemberian Bank Garansi serta tidak adanya pengawasan pada Bank Garansi itu sendiri. PT. Bank Jatim Cabang Malang sebaiknya memberikan pembagian tugas karyawan secara jelas antara bagian Administrasi Kredit (ADK) dan Account Officer (A/O), sehingga pengawasan Bank Garansi yang sebelumnya tidak dilakukan, dapat dilakukan oleh bagian Account Officer (A/O).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/395/051202670
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:09
Last Modified: 22 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115508
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._MOTO.pdf]
Preview
Text
2._MOTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.TANDA_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
3.TANDA_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4._TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._PERNYATAAN_ORI.pdf]
Preview
Text
5._PERNYATAAN_ORI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
6._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
9._PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._METODE_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
11._METODE_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
12._PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._PENUTUP.pdf]
Preview
Text
13._PENUTUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15._CONTOH_PERMOHONAN_BG.pdf]
Preview
Text
15._CONTOH_PERMOHONAN_BG.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 16._TANDA_TERIMA.pdf]
Preview
Text
16._TANDA_TERIMA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 17._AKTA_PERJANJIAN_BANK.pdf]
Preview
Text
17._AKTA_PERJANJIAN_BANK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 18._AKTA_PERJANJIAN_BANK_LANJUTAN.pdf]
Preview
Text
18._AKTA_PERJANJIAN_BANK_LANJUTAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 19._AKTA_PERJANJIAN_LKPBJ.pdf]
Preview
Text
19._AKTA_PERJANJIAN_LKPBJ.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 20._AKTA_PERJANJIAN_LKPBJ_LANJUTAN.pdf]
Preview
Text
20._AKTA_PERJANJIAN_LKPBJ_LANJUTAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 21._NOTA_DEBET.pdf]
Preview
Text
21._NOTA_DEBET.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 22._BUKTI_SETOR.pdf]
Preview
Text
22._BUKTI_SETOR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 23._SURAT_IJIN_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
23._SURAT_IJIN_PENELITIAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 24._CV.pdf]
Preview
Text
24._CV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item