Strategi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Meningkatkan Kualitas Jasa Transportasi Pada Kereta Api “Madiun Jaya” Rute Madiun-Solo-Yogyakarta (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daer

Anggraini, Crisye (2012) Strategi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Meningkatkan Kualitas Jasa Transportasi Pada Kereta Api “Madiun Jaya” Rute Madiun-Solo-Yogyakarta (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daer. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Transportasi merupakan salah satu sarana yang menunjang perkembangan ekonomi, sosial, politik, dan mobilitas penduduk. Salah satu jenis transportasi yang relatif diminati adalah kereta api. Transportasi kereta api diselenggarakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT. KAI (Persero) telah berupaya melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa kereta api. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh PT. KAI (Persero) dalam meningkatkan kualitas jasa transportasi kepada pelanggan (penumpang), khususnya kereta api “Madiun Jaya” dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Strategi yang dilakukan oleh PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun dalam meningkatkan kualitas jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” rute Madiun-Solo-Yogyakarta; 2) Kualitas pelayanan jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” rute Madiun-Solo-Yogyakarta; 3) Faktor yang mempengaruhi strategi PT. KAI (Persero) dalam meningkatkan kualitas jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” rute Madiun-Solo-Yogyakarta. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang bersumber dari PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun itu sendiri dan data sekunder bersumber dari dokumendokumen resmi dan arsip-arsip PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun tahun 2012 dan data company profile PT. KAI (Persero). Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang dilakukan PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun dalam meningkatkan kualitas jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” meliputi tujuan jangka panjang dan keunggulan bersaing; 2) Kualitas pelayanan jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati; 3) Faktor yang mempengaruhi strategi PT. KAI (Persero) dalam meningkatkan kualitas jasa transportasi pada KA “Madiun Jaya” meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat yang berasal dari internal perusahaan dan eksternal perusahaan PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun. Dari hasil penelitian dapat disarankan antara lain: Seharusnya PT. KAI (Persero) DAOP VII Madiun lebih memperhatikan pada 5 aspek kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati; Fasilitas sarana dan prasarana penunjang KA “Madiun Jaya” perlu diperbaiki dan dibenahi serta kebersihan harus tetap dijaga demi kepuasan pelanggan dalam pemberian pelayanan publik; biaya yang dikeluarkan oleh penumpang dalam menikmati jasa KA “Madiun Jaya” harus sesuai dengan pelayanan dan fasilitas yang mereka inginkan; serta apabila kereta rusak mohon tidak dialihkan ke kereta lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/374/051202649
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2012 10:09
Last Modified: 22 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115490
[thumbnail of 051202649.pdf]
Preview
Text
051202649.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item