Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang).

Wijaya, Bagus (2012) Kinerja Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Kependudukan (Studi di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang terhadap Kinerja Pemerintah Desa perlu adanya peningkatan praktek secara nyata yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat terutama yang menjadi persoalan kali ini adalah Pelayanan Kependudukan. Desa merupakan ujung tombak dalam kegiatan pembangunan tingkat terkecil dalam pemerintahan dan juga berhadapan dengan masyarakat secara langsung. Disini dituntut kinerja yang tinggi serta kehandalan aparatur dalam menyelesaikan tugas, membimbing warga serta melayani masyarakat yang dimana notabennya aparatur desa bukanlah pegawai negeri tetapi memiliki amanat untuk menjalankan roda pemerintahan. Namun dalam kenyataannya masih banyak aparatur desa yang tidak memperdulikan kebutuhan warganya terutama pada hal Pelayanan, sistem yang tidak berkembang dan masih banyak yang lainnya. Kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi menuntut aparatur desa untuk meningkatkan kinerja serta sistem yang lebih maju. Pertambahan penduduk, tingkat urbanisasi maupun sebaliknya yang semakin tinggi, dan masih banyak yang lainnya merupakan Pekerjaan Rumah yang besar dan tiada henti bagi pemerintah Desa. Dalam penelitian ini, sesuai tujuan yang ingin dicapai fokus penelitian yang diambil oleh peneliti adalah 1. Kinerja Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan publik: 2. Pelayanan Kependudukan 3. Faktor pendukung dan penghambat Kinerja Pemerintah Desa Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan mengambil data yang berasal dari narasumber, tempat dan peristiwa serta dokumen. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara interview / wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model spradley dengan menitikberatkan pada wawancara terfokus kepada masing-masing narasumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kinerja pemerintah desa sudah cukup baik dikarenakan aparat sudah bekerja sesuai dengan sistem dan tidak mengulur waktu dalam bekerja karena menerapkan sistem 1 atap dalam pelayanan publik, tetapi masih kurangnya koordinasi antara RT dan RW tentang administrasi kependudukan yang masih mengunakan catatan lama atau belum update. (2) Desa Landungsari merupakan Desa dengan lokasi yang berbatasan langsung dengan Kota Malang yang dimana terdapat arus perpindahan penduduk yang pesat baik dari desa ke kota maupun sebaliknya, dan juga terdapat banyaknya warga yang mengurus administrasi kependudukan. dengan kondisi tersebut dibutuhkan sebuah aparatur yang sigap dan cekatan dalam mengatasi masalah tersebut. Dan Desa Landungsari mampu untuk melayani kebutuhan masyarakat tentang pelayanan kependudukan dengan menerapkan sistem 1 atap dan media sosialisasi yang tepat melalui banner, website, dan masih banyak yang lainnya, ditambah dengan kinerja aparat yang bagus dan kompak. Dengan demikian Kinerja Pemerintah Desa perlu ditingkatkan sampai ketingkat RT mengingat perkembangan masyarakat yang semakin pesat dan maju terutama dalam hal pelayanan kependudukan. Sehingga dapat menjadi Desa dengan keteraturan sistem yang baik dan kinerja yang bagus serta efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/366/051202641
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2012 09:22
Last Modified: 22 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115481
[thumbnail of 051202641.pdf]
Preview
Text
051202641.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item