Revitalisasi Kualitas Layanan Perpustakaan Umum Kota Malang (Studi Pada Perpustakaan Umum Dan Arsip Kota Malang)

Sihombing,SetiaHatiPutri (2012) Revitalisasi Kualitas Layanan Perpustakaan Umum Kota Malang (Studi Pada Perpustakaan Umum Dan Arsip Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah memiliki fungsi memberikan pelayanan publik yang diperlukan masyarakat, salah satunya adalah pendidikan. Pembangunan perpustakaan umum sangat penting dilakukan, karena perpustakaan merupakan sumber informasi dan jantung pendidikan. Namun di era globalisasi saat ini, masih ada perpustakaan umum yang belum melakukan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, revitalisasi kualitas layanan sangat penting dilakukan agar perpustakaan dapat menggiatkan kembali fungsinya, yaitu sebagai sarana simpan karya manusia, fungsi informasi, fungsi rekreasi, fungsi pendidikan, dan fungsi kultural. Penelitian ini dilakukan pada Perpustakaan Umum Kota Malang, sebagai satu-satunya perpustakaan yang menjadi nominasi dan meraih Piala Citra Pelayanan Prima pada tahun 2010. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan upaya revitalisasi dilakukan oleh Perpustakaan Umum Kota Malang dalam rangka meningkatkan kualitas layanannya, serta bagaimana kondisi pelayanan setelah melakukan revitalisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang didapat. Penelitian memberi manfaat akademis, sebagai referensi bagi peneliti lain serta untuk menerapkan revitalisasi pada situasi nyata yang terjadi di Perpustakaan Umum Kota Malang. Manfaat praktis bagi perpustakaan umum lainnya, dalam hal melakukan upaya revitalisasi untuk mempermudah kinerja perpustakaan, serta menjadikan perpustakaan sebagai sumber informasi. Upaya revitalisasi yang dilakukan, yaitu melakukan pengembangan kapasitas, meliputi pengembangan sumber daya, reformasi institusi, aspek modal (fisik), dan aspek perilaku. Aktivitas nyata pengajuan dana serta dukungan dari walikota Kota Malang, membangun citra perpustakaan melalui tampilan fisik, pengadaan fasilitas, pembuatan program baru (program Virtual Library - Smart Library Automation , penambahan jumlah layanan inovasi perpustakaan, pemberian program inovasi untuk meningkatkan kepuasan pengunjung), pengembangan staff perpustakaan, dan pengembangan kerjasama. Kondisi pelayanan setelah revitalisasi, yaitu kualitas layanan meningkat, kepuasan pengunjung, penguatan fungsi perpustakaan, jumlah layanan bertambah banyak, jumlah kunjungan meningkat, jumlah anggota meningkat, jumlah koleksi buku bertambah banyak, jumlah karyawan bertambah banyak, sistem pelayanan lebih efektive dan efisien, mendapat penghargaan dan prestasi, dan mendapat ISO 9001:2008. Perpustakaan Umum Kota Malang sebaiknya memperkuat jaringan kerjasama dengan perpustakaan lain. Penambahan koleksi buku dan beralih menjadi perpustakaan digital sebaiknya dilakukan, mengingat perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/36/051200675
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 13:59
Last Modified: 22 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115474
[thumbnail of 051200675.pdf]
Preview
Text
051200675.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item