Efektivitas Pelaksanaan Seleksi dalam Upaya Mendapatkan Kesesuaian Penempatan Karyawan (Studi pada Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang)

Fardanisa, Yunistiya (2012) Efektivitas Pelaksanaan Seleksi dalam Upaya Mendapatkan Kesesuaian Penempatan Karyawan (Studi pada Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang sebagai perusahaan milik negara memiliki visi yaitu mewujudkan perusahaan yang terkemuka dan berkualitas dalam pengelolaan sumber daya air dan memberikan pelayanan terbaik dalam penyediaan air untuk berbagai kebutuhan dan sumbangan terhadap ketahanan pangan nasional. Langkah yang ditempuh perusahaan untuk membangun kualitas tenaga kerja yang baik dalam perusahaan adalah dengan melakukan seleksi karyawan. Individu-individu atau calon karyawan disaring dengan teliti berdasarkan spesifikasi pekerjaan yang telah dibuat perusahaan dan selanjutnya karyawan yang telah diterima tersebut ditempatkan pada posisi jabatan yang sesuai berdasarkan pertimbangan pengetahuan, kemampuan dan kualifikasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektivitas pelaksanaan seleksi dalam upaya mendapatkan kesesuan penempatan karyawan Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan seleksi yang efektif sebagai upaya untuk mendapatkan kesesuaian penempatan karyawan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara dengan triangulasi data, dokumentasi dan observasi non partisipan. Data yang yang diperoleh kemudian dianalisis, dibandingkan antara teori dengan kondisi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu tujuan Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang dalam melaksanakan seleksi karyawan adalah untuk memenuhi kebutuhan karyawan. Pada tujuan tersebut perusahaan dikatakan kurang efektif karena masih belum terpenuhinya kebutuhan karyawan pada Bagian Pengelolaan dikarenakan kurangnya pelamar dengan latar belakang pendidikan teknik mesin, geodesi dan teknik pengairan. Oleh karena itu Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang diharapkan tidak hanya menginformasikan lowongan pada beberapa fakultas dan website perusahaan saja seperti yang selama ini dilakukan, melainkan dengan menginformasikan lowongan pekerjaan pada Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) dan instansi pendidikan yang didalamnya terdapat jurusan teknik pengairan, teknik mesin dan geodesi yang dibutuhkan perusahaan. Dengan demikian Perusahaan Umum Jasa Tirta I Malang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan calon karyawan yang dibutuhkan yang nantinya akan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/354/051202629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:40
Last Modified: 28 Dec 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115469
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item