Strategi Pemasaran Pada Objek Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo Pada Objek Wisata Gunung Bromo Dalam Upaya Meningkatkan

Ayuningtiyas,GaluhAjeng (2012) Strategi Pemasaran Pada Objek Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo Pada Objek Wisata Gunung Bromo Dalam Upaya Meningkatkan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata saat ini sudah menjadi industri yang ikut memberikan andil dalam pembangunan ekonomi dan sosial di berbagai Negara di dunia. Sektor pariwisata dapat memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi negara-negara tujuan wisata karena dapat memberikan kesempatan kerja, peningkatan pendapatan, perubahan taraf hidup dan kesejahteraan serta juga mengaktifkan sektor-sektor lainnya. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata pada objek wisata Gunung Bromo ditahun 2010 dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata pada objek wisata Gunung Bromo ditahun 2011 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata Adapun tahap-tahap analisis dalam penelitian ini adalah mencari informasi terkait dengan gambaran umum dan strategi pemasaran untuk objek wisata Gunung Bromo dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang akan disajikan melalui pendekatan kualitatif, dan menyajikan data tersebut melalui tabel, grafik, dan uraian berupa narasi sehingga bisa menjawab masalah yang ada sebagai hasil dari penelitian, menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang nantinya akan memberikan gambaran dan dapat digunakan sebagai patokan dalam penanganan solusi pada masalah yang ada berdasarkan pengalaman pemecaha masalah di masa lalu, menganalisis hasil penelitian dengan menggunakan analisis TOWS untuk melihat keefektifan strategi yang telah digunakan. Dari hasil penelitian, objek wisata Gunung Bromo merupakan objek wisata gunung berapi yang memiliki berbagai macam keunikan. Untuk memperkenalkan objek wisata ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo menggunakan strategi pemasaran Segitiga Emas dan berbagai macam media promosi. Strategi Segitiga Emas merupakan strategi pemasaran dalam “menjual” tiga icon objek wisata andalan Kabupaten Probolinggo, yaitu Gunung Bromo, Pantai Bentar, dan Arung Jeram. Selain menggunakan strategi Segitiga Emas, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo juga melakukan promosi dengan mengikuti pameran-pameran pariwisata, mengadakan pemilihan duta wista dan menggunakan berbagai macam media yang ada, seperti media cetak, media elektronik, dan media internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/35/051200674
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 14:17
Last Modified: 22 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115464
[thumbnail of cover_judul.pdf]
Preview
Text
cover_judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_YUDISIUM.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_YUDISIUM.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item