Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Angkatan 2010 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan smartphone Bl

SolehAhmadZainudien (2012) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Angkatan 2010 Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan smartphone Bl. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Smartphone BlackBerry merupakan salah satu produk yang memiliki fungsi untuk memudahkan manusia dalam memperoleh informasi. Penelitian ini memiliki latar belakang tentang pembelian BlackBerry yang dipengaruhi oleh gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor gaya hidup secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui faktor dari gaya hidup yang berpengaruh dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Lokasi penelitian di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 134 orang responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil analisis faktor menunjukkan, gaya hidup memiliki empat faktor yaitu Demografi (X1), Opini (X2), Minat (X3) dan Aktivitas (X4). Keempat faktor tersebut, kemudian dimasukkan ke dalam analisis regresi linier berganda sebagai variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat yaitu Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan, Demografi (X1), Opini (X2), Minat (X3) dan Aktivitas (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 34,947 dan probabilitas 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian sebesar 0,505 atau 50,5%, sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial Demografi (X1), Opini (X2), Minat (X3) dan Aktivitas (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Demografi (X1) merupakan faktor dari gaya hidup yang memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar 3,772. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor-faktor Gaya Hidup yang terdiri dari Demografi, Opini, Minat dan Aktivitas secara bersama-sama dan parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Demografi merupakan faktor dari Gaya Hidup yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/348/051202623
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 11:38
Last Modified: 22 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115462
[thumbnail of skripsi_nud.pdf]
Preview
Text
skripsi_nud.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item