Penggunaan Teknik Capital Budgeting Untuk Menilai Kelayakan Investasi Dalam Aktiva Tetap (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Dan Supplier Batu Kapur Ud. Nabella Tuban),

Hikmiyah, DesieJaziatul (2012) Penggunaan Teknik Capital Budgeting Untuk Menilai Kelayakan Investasi Dalam Aktiva Tetap (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Dan Supplier Batu Kapur Ud. Nabella Tuban),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengadaan aktiva tetap oleh sebuah perusahaan dilakukan dengan berbagai macam tujuan. Perusahaan UD. Nabella merupakan salah satu perusahaan yang bisnisnya bergerak dibidang pertambangan dan supplier batu kapur ini selalu berusaha memenuhi permintaan pembelian dan pengiriman batu kapur yang terus bertambah, sehingga menyebabkan perusahaan untuk menyewa truk tambahan agar perimintaan pelanggan atau konsumen terpenuhi, hal ini menyebabkan perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan yaitu biaya untuk menyewa truk yang menyebabkan bertambahnya pengeluaran biaya. Maka untuk mengantisipasi tambahan pengeluaran biaya, maka UD. Nabella berencana menambah jumlah truk yang dimiliki, tentu saja penambahan investasi tersebut dilihat dari keuangan perusahaan dan dihitung menggunakan teknik Capital Budgeting untuk mengetahui apakah investasi tersebut layak atau tidak untuk dilakukan. Berdasarkan hal tersebut di atas, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik capital budgeting dan untuk mengetahui investasi aktiva tetap tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Pertambangan dan Supplier Batu Kapur Tuban dengan fokus penelitian adalah Penggunaan Teknik Captal Budgeting untuk Menilai Kelayakan Investasi dalam Aktiva Tetap. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis yaitu analisis terhadap laporan keuangan, menghitung Initial Investment, analisis sumber pendanaan, analisis depresiasi, analisis peramalan biaya-biaya menggunakan metode Trend Linier, menghitung EAT, memproyeksi Laba-rugi, Net cash flow, menghitung sumber dana, menilai kelayakan investasi dengan menggunakan teknik-teknik perhitungan dalam Capital Budgeting. Hasil analisis skripsi menggunakan teknik Capital Budgeting dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penambahan aktiva tetap berupa satu buah truk layak untuk dilaksanakan, karena dapat menambah aktiva tetap dan mengurangi atau menghilangkan biaya sewa. Akan tetapi juga terdapat kelemahan yaitu berkurangnya pendapatan karena sumber dana perusahaan untuk melakukan investasi bukan cuma dari modal sendiri melainkan membutuhkan tambahan modal pinjaman, sehingga terdapat angsuran yang harus dibayar, dan itu hanya bersifat sementara karena penambahan aktiva tetap tersebut merupakan aset dari perusahaan. Seiring dengan berjalannya waktu akan mengurangi beban angsuran dan menambah kembali laba perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/338/051202613
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 15:09
Last Modified: 22 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115453
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_DLL.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_2.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiranscan.pdf]
Preview
Text
lampiranscan.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item