Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas” (Studi Pada Dealer Honda Kartika Sari)

Arlindi, ElenJaneta (2012) Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Atas Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas” (Studi Pada Dealer Honda Kartika Sari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha yang sangat kompetitif dewasa ini, tuntutan untuk penyediaan informasi yang cepat, akurat, dan berdaya guna merupakan sarana bagi pihak manajemen dalam mengelola perusahaan dan juga sebagai pelaporan bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Mempertimbangkan hal tersebut, maka diperlukan suatu sistem akuntansi yang dapat menghasilkan informasi akuntansi yang baik. Sistem akuntansi yang dirancang dan diimplementasikan sesuai dengan operasi perusahaan tentunya akan memperkuat sistem pengendalian intern atas harta, hutang, modal, pendapatan, dan beban perusahaan. Tujuan dari pada penelitian ini adalah selain untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi pada perusahaan juga untuk melihat apakah sistem akuntansi penjualan, piutang dan penerimaan kas yang diterapkan perusahaan sudah dilaksanaknan secara efektif, sehingga mendukung pencapaian pengendalian intern. Penelitian ini dilakukan di Dealer Honda Kartika Sari Jl.Pasar Besar No.70-72 Malang.Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan yaitu data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu penerapan pengendalian intern dengan beberapa elemen yang terdiri dari, organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat dan pegawai yang cakap. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa dari penerapan sistem akuntansi penjualan, piutang dan penerimaan kas telah didapati beberapa kelemahan bahwa, perusahaan belum menggunakan catatan akuntansi yang memadai dalam melakukan aktivitas penjualan dan penerimaan kas, dan adanya peran ganda dalam satu fungsi dapat mengakibatkan kemungkinan terjadinya kecurangan dan manipulasi terhadap penjualan dan penerimaan kas. Sebaiknya perusahaan dalam membagi tugas dan fungsi pada bagianbagian terkait dalam sistem dan prosedur penjualan, piutang dan penerimaan kas hendaknya memperhatikan penerapan pengendalian intern sebagai alat yang digunakan dengan tujuan untuk mejaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian dan kebenaran data serta membantu memajukan efisiensi di dalam kegiatan operasional perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/336/051202611
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 14:50
Last Modified: 22 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115451
[thumbnail of 051202611.pdf]
Preview
Text
051202611.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item