Peranan Pemimpin dalam Menumbuhkan Etos Kerja Karyawan (Studi pada Asuransi Jiwa Bersama bumiputera 1912 kantor Cab.Batu)

Tarigan, PutriPuspitaSari (2012) Peranan Pemimpin dalam Menumbuhkan Etos Kerja Karyawan (Studi pada Asuransi Jiwa Bersama bumiputera 1912 kantor Cab.Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada ketertarikan peneliti mengenai pentingnya peranan pemimpin dibutuhkan dalam menumbuhkan etos kerja karyawan. Mengingat bahwa setiap individu dalam perusahaan berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda seperti bakat dan keterampilan yang dimiliki serta bagaimana rencana karyawan tersebut pada masa mendatang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan wawancara,observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian, Peneliti tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi, namun hanya ingin menggambarkan situsi secara sistematik, factual, dan akurat. Fokus dalam Penelitian ini adalah peranan pemimpin (dalam memimpin rapat, dalam bersosialisasi, dalam menegakkan peraturan larangan dan disiplin),Peranan pemimpin dalam menumbuhkan etos kerja karyawan (orientasi ke masa depan, menghargai waktu dengan adanya disiplin waktu, tanggung jawab, hemat serta sederhana,persaingan sehat), etos kerja karyawan (semangat, produktif, komitmen). Berdasarkan hasil Penelitian yang tela dlkukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa pemimpin telah berhasil dalam menumbuhkan etos kerja pada karyawan di AJB Bumiputera Cab.Batu dalam hal memimpin rapat,bersosialisasi,menegakkan peraturan dan disiplin, orientasi ke masa depan,tanggung jawab, hemat serta sedehana dan persaingan sehat. Etos kerja tersebut tumbuh pada karyawan dengan melitah semangat,produktif dan komitmen yang pegawai tersebut berikan. Saran yang dapat dikemukakan adalah pelaksanaan pengawasan kepada karyawan hendaknya dilakukan sendiri oleh pemimpin yaitu dengan mengurangi menggunakan orang kepercayaan (KUAK maupun Supervisor ). Kemudian komunikasi tentang pemberitahuan hal-hal kantor hendaknya dilakukan secara langsung. Pemberian penghargaan (reward) sebaiknya tidak hanya diberikan kepada dinas luar yaitu agen tetap juga direncaakan diberikan kepada dinas dalam. Hal ini dimaksudkan agar pemimpin bisa menumbuhkan kerja karyawan AJB Bumiputera 1912 Cab.Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/330/051202605
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 15:30
Last Modified: 22 Oct 2021 06:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115446
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.1_tanda_persetujuan_skripsi.pdf]
Preview
Text
1.1_tanda_persetujuan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.2_tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
1.2_tanda_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.3_pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf]
Preview
Text
1.3_pernyataan_orisinalitas_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._MOTTO_DAN_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
2._MOTTO_DAN_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_I.pdf]
Preview
Text
4._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_II.pdf]
Preview
Text
5._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_III.pdf]
Preview
Text
6._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
7._BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_V-1.pdf]
Preview
Text
8._BAB_V-1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item