Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi Tentang Persepsi Pegawai Negeri Sipil di Rumah Sakit Umum Daerah Tongas Kabupaten Probolinggo)

Dewi, RatihKartika (2012) Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan (Studi Tentang Persepsi Pegawai Negeri Sipil di Rumah Sakit Umum Daerah Tongas Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis di bidang kesehatan terutama Rumah sakit mengalamiperkembangan yang signifikan, perkembangan tersebut diikuti denganpeningkatan kualitas sumber daya manusia terutama dalam pemberian layanan terhadap konsumen (pasien). Untuk meningkatkan kualitas kerja tersebut, perusahaan harus mengelola persepsi reward dan punishement untuk memotivasi kinerja pegawai. Reward dan Punishment merupakan salah satu penyebab dalam memotivasi kinerja pegawai, makin terpenuhinya kebutuhan karyawan maka makin positif persepsi karyawan terhadap reward begitu juga dengan persepsi terhadap punishment, apabila persepsi punishment tinggi maka akan merubah perilaku karyawan tersebut. Diharapkan dengan pengelolaan persepsi yang baik terhadap reward dan punishment akan meningkatkan motivasi kerja dan pada akhirnya akan menngkatkan kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif, untuk menguji hipotesis pengaruh persepsi reward dan punishment terhadap motivasi dan kinerja. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 104 PNS RSUD Tongas Kabupaten Probolinggo, dengan jumlah pengembalian kuesioner sebanyak 89 kuesioner. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan teknik PLS (Partial Least Square) dan software SmartPLS versi 1.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua hipotesis 1 sampai dengan 5 yang telah dirumuskan terbukti didukung oleh data. Persepsi reward mempunyai pengaruh paling besar terhadap motivasi disusul dengan pengaruh persepsi motivasi terhadap kinerja. Ini membuktikan bahwa dengan adanya variabel motivasi sebagai variabel interverning, akan lebih meningkatkan kinerja karyawan. Semakin baik pemberian persepsi reward akan lebih tinggi motivasi dalam peningkatan kinerja karyawan begitu juga sebaliknya. Semakin baik pemberian persepsi punishment akan lebih tinggi pula motivasi dalam peningkatan kinerja karyawan begitu juga sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan direkomendasikan kepada perusahaan untuk lebih memperhatikan pemberian persepsi reward dan memperhatikan tentang persyaratan yang layak diterapkan agar persepsi punishment lebih efektif dalam pelaksanaannya. Bagi peneliti selanjutnya lebih memperluas subjek penelitian, bukan hanya PNS tetapi seluruh pegawai yang ada di RSUD Tongas serta memperluas variabel yang dipakai seperti kemampuan (abilities) dan peluang (oppurtunities).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/329/051202604
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 14:18
Last Modified: 22 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115444
[thumbnail of 051202604.pdf]
Preview
Text
051202604.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item