Pengaruh Dividend Payout Ratio, Return On Equity, Debt Ratio dan Earning Growth terhadap Price Earning Ratio (Studi pada perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun

Firdaus, Fais (2012) Pengaruh Dividend Payout Ratio, Return On Equity, Debt Ratio dan Earning Growth terhadap Price Earning Ratio (Studi pada perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode tahun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis saham merupakan salah satu dari sekian tahapan dalam proses investasi yang berarti melakukan penilaian terhadap individual atau sekelompok sekuritas. Price earning ratio (PER) merupakan rasio penilaian saham yang paling populer dikalangan investor. Rasio ini merupakan perbandingan antara harga saham terhadap earning per share. Investor akan menghitung berapa kali (multiplier) nilai earning yang tercemin dalam harga suatu saham. Kegunaan PER adalah untuk melihat bagaimana pasar menghargai kinerja saham perusahaan yangdicerminkan oleh earning per share-nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel apa saja yang mempengaruhi PER secara bersama-sama atau secara parsial. Adapun variabel-variabel yang diajukan dalam penelitian ini, yaitu: Dividend Payout Ratio (DPR), Return On Equity (ROE), Debt Ratio (DR) dan Earning Growth (EG). Jenis penelitian ini termasuk dalam explanatory research. Sampel berjumlah 19 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria masuk dalam indeks LQ45 secara berturut-turut mulai tahun 2009 sampai dengan 2011 dan membagikan deviden secara berturut-turut. Data yang didapat dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hasil bahwa variabel DPR, ROE, DR dan EG secara bersama-sama berpengaruh terhadap PER. Secara parsial, didapatkan hasil: (1) variabel DPR berpengaruh positif terhadap PER; (2) variabel ROE berpengaruh positif terhadap PER; (3) variabel DR tidak berpengaruh terhadap PER; (4) variabel EG berpengaruh negatif terhadap PER. Hasil antara variabel antara DPR dan ROE terhadap PER telah sesuai dengan teori yang ada, sedangkan hasil yang didapat antara variabel DR dan EG berbeda dengan teori yang ada. Selanjutnya, variabel yang paling berpengaruh adalah variabel ROE. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti kepada investor adalah perlu mempertimbangkan juga rasio DPR, ROE, DR dan EG dalam melakukan penilaian saham menggunakan PER. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah menggunakan variabel dalam penelitian ini ataupun menambahkan variabel lain, mencoba melakukan pada sektor lain, dan meningkatkan taraf signifikansi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/326/051202601
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 13:26
Last Modified: 22 Oct 2021 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115441
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item