Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Badan Kepegawaian Kota Pasuruan)

Effendi, AmeliaRahadianti (2012) Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Studi Pada Badan Kepegawaian Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu unsur yang utama dalam pengembangan sumber daya aparatur karena pendidikan dan pelatihan memiliki peranan yang penting terhadap keberhasilan peningkatan kualitas kinerja para pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kinerja pegawai BKD Kota Pasuruan serta mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Terkait dengan penelitian tersebut, digunakan teori pengembangan sumber daya aparatur dimana pendidikan dan pelatihan merupakan salah satu upaya pengembangan sumber daya aparatur yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai dengan kebutuhan instansi serta mampu bersaing menghadapi tuntutan pekerjaan di masa yang akan datang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dirangkum dan dilakukan penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta pendidikan dan pelatihan sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan baik dilihat dari tingkat pendidikan, usia maupun tingkat jabatannya. (2) Widyaiswara telah mampu menguasai materi serta metode pembelajaran yang berpengaruh pada hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan. Selain itu, juga terdapat adanya kesesuaian antara materi pendidikan dan pelatihan yang diberikan dengan latar belakang pendidikan widyaiswara maupun jenis pendidikan dan pelatihan yang pernah diikutinya. (3) Materi pendidikan dan pelatihan yang dilakukan sudah mampu membentuk kedisiplinan, keterampilan dan peningkatan wawasan peserta pendidikan dan pelatihan yang terbukti dalam peningkatan kinerja mereka. (4) Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang ada di Pemerintah Kota Pasuruan terbentur masalah anggaran dan sarana prasarana. Hal yang dapat disarankan terkait hal ini yaitu penggunaan sistem E-Learning dimana sistem ini berpacu pada teknologi internet sehingga dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan untuk menyewa gedung, biaya untuk memperbanyak modul sehingga bisa dikatakan efisien. (5) Adanya keterbatasan yang berasal dari peserta pendidikan dan pelatihan yang dalam hal ini bersifat teknis, saran yang dapat diberikan yaitu dalam seleksi calon peserta diklat ditambahkan persyaratan kemampuan teknis yang harus dimiliki peserta diklat agar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dapat berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/308/051202583
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 14:46
Last Modified: 22 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115421
[thumbnail of 051202583.pdf]
Preview
Text
051202583.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item