Upaya Pemberdayaan Lembaga dalam Penanganan Kemiskinan. (Studi pada Badan Keswadayaan Masyarakat “Margo Rukun Sejahtera” Kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang).

KurniaDianMaya (2012) Upaya Pemberdayaan Lembaga dalam Penanganan Kemiskinan. (Studi pada Badan Keswadayaan Masyarakat “Margo Rukun Sejahtera” Kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar problematika kemiskinan perkotaan yang berkepanjangan di Indonesia. Selanjutnya, Badan Keswadayaan Masyarakat ”Margo Rukun Sejahtera” sebagai pelaku sosial bergerak dalam bidang penanganan kemiskinan perkotaan perlu melakukan upaya pemberdayaan kelembagaan terlebih dahulu sebelum memberdayakan masyarakat miskin sebagai tolak ukur keberhasilan program berbasis pembangunan yakni PNPM Mandiri Perkotaan. Bagaimanakah upaya pemberdayaan lembaga dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat dari pemberdayaan lembaga yang dilakukan oleh BKM ”Margo Rukun Sejahtera” untuk penanganan kemiskinan di kelurahan Mergosono Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan untuk pemberdayaan lembaga, yakni upaya peningkatan kapasitas lembaga, upaya membangun kerjasama, upaya sebagai mediator, upaya penyedia modal, sarana dan prasarana, dan upaya penanganan kemiskinan sebagai tolak ukur keberhasilan program kemiskinan yakni PNPM Mandiri Perkotaan namun di kelurahan Mergosono belum mendapatkan hasil yang optimal kemudian BKM ”Margo Rukun Sejahtera” memdayagunakan Pronangkis (Program Penanggulangan Kemiskinan) yang bergerak setiap 3 tahun sekali. Dalam hal penanganan kemiskinan diperlukan penguatan awal dari individu atau manusia dari dalam anggota BKM, organisasi kemudian kemampuan sebagai pergerakan penanganan kemiskinan. Beberapa faktor pendukung pemberdayaan lembaga BKM, yakni bantuan modal dan dukungan dari lembaga internal kelurahan maupun masyarakat. Kemudian, masalah kurang partisipasinya anggota BKM dan kurangnya personil BKM menjadi faktor penghambat pemberdayaan kelembagaan BKM ”Margo Rukun Sejahtera” sebagai pelaku sosial dalam penanganan kemiskinan. Beberapa saran yang diberikan peneliti bahwa upaya-upaya yang dilakukan tentang pemberdayaan lembaga BKM ”Margo Rukun Sejahtera” harus lebih inovatif, tegas dalam menyelesaikan masalah, dan menumbuhkan motivasi sebagai misi sosial untuk dicermati kembali agar penanganan yang dilakukan dapat optimal dan hambatan-hambatan dapat diatasi demi tercapainya tujuan pembangunan nasional, khususnya dalam hal kemiskinan yang merata dan menyeluruh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/307/051202582
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 15:08
Last Modified: 22 Oct 2021 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115420
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTO,DFTR_ISI,LAMPIRAN,DLL.pdf]
Preview
Text
MOTO,DFTR_ISI,LAMPIRAN,DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item