Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Kabupaten Tulungagung)

Ardaani, Zulfa (2012) Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya UMKM dapat dilihat dari kontribusinya yang sangat besar terhadap penciptaan kesempatan kerja dan sumber pendapatan, khususnya di daerah pedesaan dan bagi rumah tangga berpendapatan rendah.UMKM mempunyai banyak potensi yang harus dikembangkan agar hasil produksi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi, pada kenyataannya para pengembang UMKM mengalami banyak kesulitan seperti permodalan, kurangnya informasi pemasaran, keterbatasan bahan baku, kurangnya keterampilan sumber daya manusia, dan masih sederhananya teknologi yang digunakan dalam proses produksi. Kondisi ini disebabkan oleh melonjaknya ongkos produksi dan menurunkan omset penjualan.Salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan UMKM adalah melalui pemberdayaan UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis: 1). Pemberdayaan dan pola pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh pihak yang bersangkutan; 2). Kendala-kendala yang dihadapi dalam memberdayakan UMKM; 3). Manfaat pemberdayaan UMKM dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisa data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pemberdayaan UMKM yang dilakukan melalui aspek permodalan, aspek pemasaran, aspek sumber daya manusia, aspek pemanfaatan teknologi dan pola pemberdayaan UMKM meliputi pelatihan usaha, magang, study banding, pelatihan manajemen; 2). Kendalakendala yang dihadapi dalam memberdayakan UMKM meliputi kendala dari Klinik UMKM dan kendala dari pengrajin UMKM; 3). Manfaat pemberdayaan UMKM dalam meningkatkan masyarakat meliputi manfaat terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan manfaat terhadap penyediaan lapangan pekerjaan. Saran yang diberikan antara lain: perlu penambahan anggaran untuk pemberdayaan UMKM sehingga kegiatan dan pemberdayaan dapat dilakuan secara rutin dan maksimal; Klinik UMKM setidaknya harus ada di setiap kecamatan di Kabupaten Tulungagung yang bertujuan untuk menjangkau seluruh kegiatan UMKM di Kabupaten Tulungagung; pemerintah hendaknya membuka akses informasi seluas-luasnya tentang kegiatan-kegiatan UMKM sehingga setiap pengrajin mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/302/051202577
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 11:49
Last Modified: 22 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115416
[thumbnail of 051202577.pdf]
Preview
Text
051202577.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item