Kebijakan jalan lintas Selatan dalam perspektif socialcost dan economiccost (studi pada Dukuh Jolosutro Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar)

Praditya, DimasRiza (2012) Kebijakan jalan lintas Selatan dalam perspektif socialcost dan economiccost (studi pada Dukuh Jolosutro Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini dilakukan atas dasar percepatan pembangunan infrastruktur yang merupakan salah satu agenda yang sangat penting dalam rangka peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah. Berdasarkan fakta bahwa infrastruktur di wilayah Utara dan wilayah Selatan Kabupaten Blitar yang sangat timpang. Melalui kesepakatan dan kerjasama antar 8 Kepala Daerah maka terbentuklah kebijakan jalan lintas Selatan(JLS). Kebijakan JLS diharapkan mampu mengurangi kesenjangan di segala aspek yang selama ini terjadi di wilayah Utara dan Selatan. Namun pada kenyataannya ketika diimplementasikan JLS macet sehingga menimbulkan dampak. Apa sajakah dampak pembangunan jalan lintas Selatan bagi masyarakat dalam perspektif socialcost dan economiccost. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian pada Dukuh Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Sedangkan situs penelitian adalah di Dukuh Jolosutro dan BAPPEDA Kabupaten Blitar. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) adalah teknik pengumpulan data yang umumnya dilakukan pada penelitian dengan pendekatan kualitatif dan bertujuan menemukan makna sebuah tema menurut pemahaman sebuah kelompok.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur mendapat dukungan yang positif dari masyarakat dan juga pemerintah. Hal ini bisa dilihat dari terbentuknya kesepakatan dan kerjasama antar 8 Kepala Daerah. Dukungan masyarakat bisa dilihat dari sikap mereka yang tidak melawan ketika tanah mereka di gantirugi oleh pemerintah karena akan digunakan JLS. Masyarakat menaruh harapan yang sangat besar akan JLS. Selama 10 tahun berlalu pembangunan JLS tidak jelas arahnya. Secara tidak langsung hal tersebut telah mengecewakan harapan masyarakat. Macetnya pembangunan JLS akan menimbulkan dampak yang tidak diharapkan dalam perspektif socialcost dan economiccost. Evaluasi kebijakan dilakukan untuk mengurangi dampak yang tidak diharapkan. Ketika JLS macet dalam perspektif socialcost yang akan jelas terlihat adalah pudarnya harapan masyarakat yang akan menimbulkan hilangnya kepercayaan pada pemerintah. Dalam perspektif economiccost yaitu mandeknya modal investasi pemerintah. Dana besar yang dikeluarkan pemerintah untuk JLS seakan mubazir. Dengan evaluasi kebijakan dapat diketahui apa penyebab macetnya JLS sekaligus untuk mencari solusi agar JLS bisa segera diselesaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/299/051202574
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 13:31
Last Modified: 22 Oct 2021 06:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115411
[thumbnail of Cover_siipp.pdf]
Preview
Text
Cover_siipp.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_skripsi.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
tanda_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pernyataan_orisinalitas.pdf]
Preview
Text
pernyataan_orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan_n_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
ringkasan_n_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of siap_convert_bab_1-5.pdf]
Preview
Text
siap_convert_bab_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PEDOMAN_WAWANCARA.pdf]
Preview
Text
PEDOMAN_WAWANCARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item