Kinerja Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang Dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Melalui Larasita

Nurcahya, Bisma (2012) Kinerja Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang Dalam Pelayanan Pendaftaran Tanah Melalui Larasita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanah adalah karunia dan mempunyai fungsi penting bagi kehidupan manusia. Kebutuhan akan tanah dari hari ke hari semakin meningkat sehingga menimbulkan masalah yang semakin kompleks. Hal tersebut dikarenakan anggapan masyarakat terhadap pelayanan pertanahan masih negatif. Oleh karena itu, Badan Pertanahan Nasional membuat program yang dinamakan Larasita (Layanan Rakyat Untuk Sertipikasi Tanah). Larasita bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan Badan Pertanahan serta mempermudah masyarakat untuk mendaftarkan bidang tanah miliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis kinerja Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang dalam pendaftaran tanah melalui Larasita serta untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pelayanan pendaftaran tanah dengan Larasita pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten malang. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai bidang pelayanan pendaftaran tanah serta bermanfaat bagi kantor pertanahan kabupaten malang sebagai bahan masukan dalam bidang pelayanan pendaftaran tanah melalui Larasita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana peneliti akan menjelaskan mengenai kinerja serta pelayanan kantor pertanahan kabupaten malang dalam pendaftaran tanah melalui Larasita. Dalam karya ilmiah ini, penulis menggunakan beberapa teori untuk lebih memperkuat isi dari karya ilmiah ini. Pertama adalah tentang administrasi, mengingat peneliti adalah mahasiswa ilmu administrasi sehingga peneliti memasukkan teori tentang administrasi khususnya administrasi publik. Selanjutnya adalah teori tentang kinerja untuk mengetahui lebih dalam mengenai kinerja serta bagian-bagiannya. Setelah itu diangkat pula beberapa teori tentang pelayanan publik karena inti dari penelitian ini adalah mengenai pelayanan publik dalam bidang pendaftaran tanah. Dari pelayanan publik kemudian akan dijelaskan pula mengenai pendaftaran tanah serta program Larasita untuk lebih memperjelas mengenai isi dari karya ilmiah ini. Dari hasil penelitian diketemukan bahwa kinerja badan pertanahan nasional kabupaten malang sudah dapat dikatakan baik karena dengan adanya program larasita yang dimulai pada tahun 2009 ini, sesuai dengan laporan rekapitulasi hak atas tanah sampai dengan desember 2011 di kantor pertanahan Kabupaten Malang, jumlah bidang tanah terdaftar telah mencapai 23,940% dari total 1.144.991 bidang tanah yang ada di Kabupaten Malang. Tetapi dalam prakteknya, di Larasita masih terdapat beberapa kendala operasi seperti terbatasnya jaringan yang menghubungkan antara komputer Larasita dengan server di kantor pertanahan dan juga masih kurangnya sumber daya manusia yang dikarenakan belum adanya pengganti dari pegawai yang telah pensiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/293/051202568
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 11:21
Last Modified: 22 Oct 2021 05:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115405
[thumbnail of Skripsi_Bisma_Nurcahya.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bisma_Nurcahya.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item