Analisis Hubungan Pembagian Kewenangan Dan Perimbangan Keuangan Dalam Implementasi Otonomi Daerah (Studi pada Sekretariat Daerah Kota Batu, Dinas Pendapatan Kota Batu dan Inspektorat Kota Batu)

Hanandya, GandungBima (2012) Analisis Hubungan Pembagian Kewenangan Dan Perimbangan Keuangan Dalam Implementasi Otonomi Daerah (Studi pada Sekretariat Daerah Kota Batu, Dinas Pendapatan Kota Batu dan Inspektorat Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam implementasi otonomi daerah. Di samping itu juga dikaji hubungan perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah dalam implementasi otonomi daerah pada Pemerintah Kota Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data, teknik yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara dan field notes. Kemudian teknik analisis data yang digunakan fenomenologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam hubungan pembagian kewenangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota Batu menangani dua puluh enam urusan wajib dan tujuh urusan pilihan. Namun, kewenangan Pemerintah Kota Batu dalam urusan pertanahan dan kehutanan terbatas. Kemudian dalam hubungan perimbangan keuangan antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota Batu diberikan kewenangan untuk memungut Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memperoleh alokasi dana perimbangan yang terdiri atas Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun, penyerapan anggaran belum optimal. Rekomendasi yang diberikan peneliti adalah Pemerintah Pusat perlu memberikan diskresi kepada Pemerintah Kota Batu dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Kemudian Pemerintah Kota Batu juga perlu mengoptimalisasi pendapatan asli daerah dan meningkatkan monitoring dan evaluasi anggaran secara terus menerus dalam rangka optimalisasi penyerapan anggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/292/051202567
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 11:28
Last Modified: 22 Oct 2021 05:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115404
[thumbnail of 051202567.pdf]
Preview
Text
051202567.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item