Analisis Efektifitas Penerimaan Pajak Restoran sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Faradina, ElvyraAgustya (2012) Analisis Efektifitas Penerimaan Pajak Restoran sebagai Salah Satu Sumber Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah memberikan kewenangan kepada Daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Pemerintahan Daerah menuntut daerah untuk berupaya meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah agar mampu membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Daerah dalam melaksanakan otonomi daerah harus berupaya menggali dan mengembangkan sumber-sumber penerimaan daerah khususnya dari Pendapatan Asli Daerah, termasuk dari pajak restoran untuk membiayai pembangunan di daerah sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi pajak restoran Kota Malang, laju pertumbuhan pajak restoran Kota Malang, serta kontribusinya per tahun terhadap pajak daerah dan Pendapatan Asli Daerah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pajak restoran di Kota Malang sangat efektif dengan rata-rata tingkat efektivitas sebesar 104,472% dan efisiensi pajak restoran di Kota Malang dapat dikatakan sangat efisien dengan rata-rata tingkat efisiensi 4,74%. Rata-rata laju pertumbuhan pajak restoran Kota Malang dalam 5 (lima) tahun terakhir sebesar 23,69% per tahun dapat dikatakan tidak berhasil karena berada dalam persentase kurang dari 30%. Rata-rata kontribusi pajak restoran terhadap pajak daerah Kota Malang dalam 5 (lima) tahun terakhir tahun 2007-2011 sebesar 20,52% per tahun berada pada persentase antara 20,01 - 30,00% dapat dikatakan cukup besar dan rata-rata kontribusi pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang dalam 5 (lima) tahun terakhir tahun 2007-2011 sebesar 10,838% per tahun memperlihatkan bahwa pajak restoran kurang memberikan kontribusi terhadap PAD karena berada pada persentase antara 10,01 – 20,00%. Hal ini bisa disebabkan karena jumlah Wajib Pajak mengalami pertambahan/pengurangan setiap tahunnya, adanya tunggakan pembayaran pajak, adanya Wajib Pajak yang tidak patuh dalam melaporkan pajaknya dan omzet restoran yang berfluktuasi setiap tahunnya. Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang harus tetap terus menggali potensi yang ada dalam upaya meningkatkan dan mengoptimalkan penerimaan pajak restoran dengan melakukan usaha intensifikasi dan ekstensifikasi untuk mewujudkan kemandirian daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/291
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 15:55
Last Modified: 04 Sep 2012 15:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115402
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item