Adidoyo, MuhammadGatot (2012) Pengaruh Elemen-elemen dalam Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survai Pada Pelanggan Kopi Racer di Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu upaya agar produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat menarik perhatian dan diterima oleh konsumen adalah dengan melaksanakan bauran pemasaran sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan. Bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang menjadi inti dari pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi reaksi konsumen. Terdapat empat variabel utama dalam marketing mix yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh elemen-elemen dalam bauran pemasaran yang meliputi Produk, Harga, Tempat dan Promosi secara bersama-sama dan secara parsial terhadap Struktur Keputusan Pembelian serta untuk mengetahui antara elemen-elemen dalam bauran pemasaran (Produk, Harga, Tempat dan Promosi) yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Kopi Racer. Sampel diambil sebanyak 85 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode sampling aksidental. Hasil Pengujian Hipotesis I, diketahui apabila nilai F hitung 26,557 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05) sehingga hipotesis diterima. Karena hipotesis diterima maka variabel-variabel Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Tempat (X 3 ) dan Promosi (X 4 ) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Besarnya pengaruh secara bersama-sama atau kontribusi dari variabel Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Tempat (X 3 ) dan Promosi (X 4 ) dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,549, berarti bahwa kemampuan variabel Produk (X 1 ), Harga (X 2 ), Tempat (X 3 ) dan Promosi (X 4 ) secara bersama-sama memberikan kontribusi kepada Struktur Keputusan Pembelian (Y) sebesar 54,9% sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Pengujian Hipotesis II, diketahui apabila nilai t hitung untuk X 1 , X 2 , X 3 dan X 4 semuanya dengan probabilitas di bawah 0,05 (p<0,05) sehingga hipotesis diterima, maka terdapat pengaruh secara parsial antara variabel Produk, Harga, Tempat dan Promosi, terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Hasil Pengujian Hipotesis III, diketahui apabila variabel Produk (X 1 ) mempunyai pengaruh yang dominan, karena besarnya nilai koefisien beta variabel Produk (X 1 ) sebesar 0,555 merupakan variabel bebas dengan nilai koefisien beta terbesar diantara nilai koefisien beta variabel bebas yang lain. Perusahaan harus dapat mengembangkan strategi dari semua unsur bauran pemasaran tersebut atau mengkombinasikan unsur-unsur dalam bauran pemasaran ke dalam suatu rencana strategi pemasaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/284/051204416 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Nov 2012 15:16 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115394 |
Preview |
Text
051204416.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |