Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awarness, Perceived Quality, dan Brand Association terhadap Brand Equity (Survei pada Pengguna Handphone Merek Nokia yang Berdomisili di Desa Sidorejo Kecamatan Deket K

SiswiyantiEtika (2012) Pengaruh Brand Loyalty, Brand Awarness, Perceived Quality, dan Brand Association terhadap Brand Equity (Survei pada Pengguna Handphone Merek Nokia yang Berdomisili di Desa Sidorejo Kecamatan Deket K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Handphone yang merupakan alat komunikasi dan hampir setiap orang menggunakannya. Banyaknya handphone yang bermunculan dengan merek yang bervariasi membantu konsumen dalam menentukan pilihannya. Penelitian ini memiliki latar belakang penggunaan handphone merek Nokia oleh konsumen sebagai merek yang memiliki brand equity tinggi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel brand loyalty, brand awarness, perceived quality, dan brand association baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap brand equity, serta mengetahui variabel mana (brand loyalty, brand awarness, perceived quality, dan brand association) yang memiliki pengaruh dominan terhadap brand equity. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di Desa Sidorejo Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Sampel yang digunakan berjumlah 69 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling. Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda serta analisis korelasi parsial untuk menguji hipotesis yang ditentukan. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabelvariabel bebas meliputi Brand Loyalty (X1), Brand Awarness (X2), Perceived Quality (X3), dan Brand Association (X4) berpengaruh terhadap Brand Equity (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 14.965 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari keempat variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Brand Equity adalah 45,1%, sedangkan sisanya 54,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri keempat variabel bebas yang meliputi Brand Loyalty (X1), Brand Awarness (X2), Perceived Quality (X3), dan Brand Association (X4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Brand Equity (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Perceived Quality (X3) memiliki pengaruh dominan terhadap Brand Equity (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh variabel Brand Loyalty (X1), Brand Awarness (X2), Perceived Quality (X3), dan Brand Association (X4) secara bersama-sama terhadap Brand Equity (Y). Secara sendirisendiri variabel Brand Loyalty (X1), Brand Awarness (X2), Perceived Quality (X3), dan Brand Association (X4) berpengaruh signifikan terhadap Brand Equity (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/283/051202558
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2012 11:43
Last Modified: 22 Oct 2021 05:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115392
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item