Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sulang.

Wahyuningsih, Rianti (2012) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Sulang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan Publik diartikan sebagai, pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi itu sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. Hakikat pemerintahan adalah pelayanan kepada rakyat dan ia bukan untuk melayani diri sendiri namun memberikan pelayanan kepada ralyat. Jadi adalah pelayan rakyat. Public services oleh birokrasi adalah salah perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi negara. Peningkatan kualitas pelayanan adalah merupakan salah satu isu yang sangat krusial dalam studi manajemen, baik dalam lingkup manajemen sektor publik maupun manajemen sektor privat. Hal ini terjadi karena disatu sisi tuntutan masyarakat terhadap perbaikkan kualitas pelayanan dari tahun ke tahun menjadi semakin besar. Sementara itu praktek penyelenggaraan pelayanan tidak mengalami perbaikan yang sangat berarti dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan kualitas pelayanan KTP di Pemerintah Kecamatan Sulang. (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Sulang dalam meningkatkan kualitas pelayanan KTP. (3) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh Pemerintah Kecamatan Sulang dalam meningkatkan kualitas pelayanan KTP. Metode yang digunakan adalah metode dekriptif, adalah bentuk atau tipe penelitian untuk pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan KTP di kantor Kecamatan Sulang masih belum cukup baik. Antrian yang panjang bisa menjadi indikator bahwa pelayanan yang dilakukan kurang baik. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan, sebagian besar masyarakat menyatakan sistem antrian di Kantor Kecamatan Sulang masih kurang efektif. Tingkat pendidikan juga berpengaruh terhadap baik buruknya suatu layanan. Dimana pegawai yang berpendidikan tinggi, tentunya dengan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki, mempengaruhi kinerja dalam memberikan pelayanan. Saran dari penelitian ini adalah : Pegawai Kantor Kecamatan Sulang, hendaknya dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian yang dimilikinya dengan cara mengikuti pendidikan dan pelatihan yang di adakan oleh pemerintah daerah agar terbentuk pegawai yang professional, mampu merespon, dan menjawab setiap keluhan dan permasalahan dari masyarakat, Hendaknya kedisiplinan pegawai dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab dapat ditegakkan. Dari hasil penelitian, sebagai pegawai tidak disiplin dan menghargai waktu. Terkadang tidak berada di tempat, datang terlambat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/270/051202328
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 10:59
Last Modified: 22 Oct 2021 05:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115377
[thumbnail of 051202328.pdf]
Preview
Text
051202328.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item