Pengaruh Rasio Hutang (Debt Ratio) dan Rasio Laba Ditahan (Earning Retention Ratio) terhadap Return on Equity (Di Perusahaan Perbankan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2006–2010).

Febrina, SindyCahya (2012) Pengaruh Rasio Hutang (Debt Ratio) dan Rasio Laba Ditahan (Earning Retention Ratio) terhadap Return on Equity (Di Perusahaan Perbankan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2006–2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank wajib memelihara tingkat kesehatan bank sesuai dengan ketentuan kecukupan modal, kualitas asset, kualitas manajemen, likuditas, rentabilitas, solvabilitas dan aspek lain yang berhubungan dengan usaha bank. Usaha bank tersebut dapat diperoleh melalui sumber dana hutang dan sumber dana modal sendiri berupa laba ditahan. Sumber dana hutang untuk menambah dana guna membiayai modal kerja dan operasional perusahaan. Hutang dalam jumlah tertentu yang diputuskan perusahaan dapat digunakan sebagai leverage bagi perusahaan. Sumber dana modal sendiri berupa laba ditahan merupakan keuntungan yang diperoleh oleh suatu perusahaan yang dapat dibayarkan sebagai dividen dan sebagian ditahan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh simultan dari rasio hutang (debt ratio) dan rasio laba ditahan (earning retention ratio) terhadap return on equity di Perusahaan Perbankan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan di antara rasio hutang (debt ratio) dan rasio laba ditahan (earning retention ratio) terhadap return on equity di Perusahaan Perbankan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan Perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia yang berada di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang beralamat di Jalan Mayjen Haryono 165 Malang dan website BEI di http://www.idx.co.id/ . Populasi yang digunakan adalah semua perusahaan perbankan yang tercatat di BEI sejumlah 35 perusahaan. Sampel yang digunakan dalah dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel untuk tujuan tertentu saja (Sugiyono, 2001:62). Sampel yang digunakan sejumlah 10 perusahaan karena perusahaan perbankan secara terus-menerus selama 5 tahun berturut-turut tercatat di BEI. Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio hutang dan rasio laba ditahan berpengaruh secara simultan terhadap Return on Equity sebesar 61% Rasio laba ditahan berpengaruh dominan terhadap Return on Equity. Berdasarkan hasil penelitian ini bank disarankan apabila perusahaan berkeinginan untuk meningkatkan perolehan ROE, diharapkan mampu menaikkan rasio hutang. Serta penurunan rasio hutang akan menurunkan ROE, sehingga perhatian perusahaan terhadap rasio hutang tidak dapat diabaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/260/051202283
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 09:30
Last Modified: 22 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115367
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Persetujuan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Tanda_Persetujuan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR__ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR__ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Keterangan_Penelitian.pdf]
Preview
Text
Surat_Keterangan_Penelitian.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Curriculum_Vitae.pdf]
Preview
Text
Curriculum_Vitae.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item