Analisis Du Pont System Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT. Gajah Tunggal Tbk. dan Anak Perusahaan periode 2008-2011),

Andriawan, Fery (2012) Analisis Du Pont System Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT. Gajah Tunggal Tbk. dan Anak Perusahaan periode 2008-2011),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis laporan keuangan merupakan bentuk interpretasi laporan keuangan meliputi neraca dan laba rugi sebagai cara menilai kinerja keuangan perusahaan. Analisis Du Pont System merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai analisis laporan keuangan untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan. Analisis Du Pont System adalah analisis yang memperlihatkan hutang, perputaran aktiva, dan profit margin yang dikombinasikan untuk menentukan Return on Equity (ROE). Tujuan dari analisis Du Pont System ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas perusahaan dalam memutar modalnya untuk menghasilkan laba bersih sehingga mempengaruhi tingkat pengembalian dengan melihat perkembangan ROI dan ROE perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Gajah Tunggal Tbk. dan Anak Perusahaan pada periode 2008-2011 bila dianalisis menggunakan analisis Du Pont System. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa kinerja keuangan PT. Gajah Tunggal Tbk. dan Anak Perusahaan yang diukur menggunakan analisis Du Pont System menunjukkan ketidakstabilan bahkan cenderung menurun selama tahun 2008-2011. Hal ini dilihat dari tahun 2009 dimana ROE yang mengalami kenaikan yang dipengaruhi kenaikan ROI dan penurunan equity multiplier, sedangkan pada tahun 2010 dan 2011 ROE cenderung mengalami penurunan yang disebabkan penurunan ROI dan equity multiplier pada periode tahun tersebut. Naiknya ROI pada tahun 2009 disebabkan naiknya NPM yang menunjukkan pengelolaan beban yang baik sehingga laba bersih meningkat meskipun penjualan mengalami penurunan, sedangkan turunnya ROI pada tahun 2010 dan 2011 disebabkan turunnya NPM yang menunjukkan pengelolaan beban yang kurang baik sehingga laba bersih yang dicapai perusahaan pada periode tahun tersebut cenderung menurun meskipun penjualan mengalami kenaikan selama dua tahun tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan : 1) perusahaan sebaiknya menekan beban pokok penjualan dengan memiliki supplier bahan baku yang beragam sehingga beban dapat dikelola dengan baik 2) sebaiknya perusahaan menciptakan beban operasi yang rendah dengan hanya memproduksi produk-produk yang memiliki daya serap tinggi di pasar, 3) perusahaan memperluas pangsa pasar melalui perbaikan iklan dan promosi serta menghindari pasar yang sedang menurun dan sangat ketat, 4) perusahaan melakukan pengendalian persediaan yang efektif agar tidak terjadi “over stock” ataupun “out of stock” yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/251/051202274
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 09:18
Last Modified: 22 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115357
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of MOTTO.pdf]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Surat_Persetujuan_pdf.pdf]
Preview
Text
Surat_Persetujuan_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan_pdf.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Orisinalitas_Skripsi_pdf.pdf]
Preview
Text
Orisinalitas_Skripsi_pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_DLL.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_DLL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-BAB_5.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item