Analisis Dampak Penerapan Syariah Marketing Value Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Malang)

Hediasri, NurAisyahDwi (2012) Analisis Dampak Penerapan Syariah Marketing Value Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan agama di Indonesia yang memegangperanan penting dalam kehidupan masyarakat dan mayoritas penduduk Indonesia adalah penduduk beragama Islam. Masyarakat muslim Indonesia tentu saja menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai dengan kaidah ke-Islaman. Termasuk dalam memilih produk atau layanan yang akan mereka gunakan dalam kehidupan mereka. Mereka akan lebih awareness terhadap produk atau layanan yang mengandung unsur Islami. Salah satu contohnya adalah penggunaan produk atau layanan perbankan syariah. Masyarakat muslim akan lebih memilih menggunakan perbankan syariah karena selain untuk memenuhi kebutuhan perbankan, mereka juga harus menaati dan menjalankan ajaran Islam. Tentu ini menjadi peluang besar untuk perkembangan perbankan syariah, sehingga semakin ketat pula persaingan yang terjadi di dunia perbankan. Salah satu kunci sukses untuk memenangkan persaingan tersebut adalah dengan menerapkan Syariah Marketing Value dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Syariah Marketing Value yang terdiri dari Syariah Brand, Syariah Service, dan Syariah Process terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (Explanatory Research) serta metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variable bebas Syariah Brand, Syariah Service, dan Syariah Process terhadap variable terikat Loyalitas Nasabah melalui Kepuasan Nasabah sebagai variable perantara. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang, sampel yang digunakan berjumlah 75 orang yang diambil dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Penelitian ini menggunakan dua metode analisis data, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis statistic inferensial adalah Partial Least Square (PLS) untuk melihat pengaruh langsung dan tidak langsung antar variable. Adapun data sekunder diperoleh melalui pengumpulan informasi terkait dari dokumen BankSyariah Mandiri Cabang Malang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Syariah Brand terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai koefisien = 0,522041 dan t-statistik = 6,498756 ,Syariah Service terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai koefisien = 0,216439 dan t-statistik = 2,024909 , Syariah Process terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai koefisien = 0,221204 dan t-statistik = 2,678752 , Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai koefisien = 0,675308 dan t-statistik = 14,330629. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Syariah Marketing Value yang maksimal dapat meningkatkan kepuasan nasabah dan mempengaruhi tingkat oyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/245/051202268
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2012 10:21
Last Modified: 22 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115350
[thumbnail of 051202268.pdf]
Preview
Text
051202268.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item