Implementasi Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (Jpkmb) Dalam Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Primer Bagi Seluruh Lapisan Masyarakat (Studi Di Uptd Puskesmas Kembiritan, Kecamat

Kusuma,BayuMitraAdhyatma, (2012) Implementasi Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (Jpkmb) Dalam Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Primer Bagi Seluruh Lapisan Masyarakat (Studi Di Uptd Puskesmas Kembiritan, Kecamat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era pemerintahan yang otonom seperti dewasa ini pemerintah daerah harus mampu mendekatkan diri kepada masyarakat. Hal tersebut karena pemerintah tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, melainkan untuk melayani masyarakat. Pemerintah daerah juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menciptakan terobosan agar pelayanan publik yang diberikan menjadi semakin baik. Ada berbagai jenis pelayanan publik yang berperan vital dalam kehidupan masyarakat luas, salah satunya adalah pelayanan kesehatan. Dengan berlandaskan pada perspektif New Public Service diharapkan mampu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Penelitian ini didasarkan atas permasalahan kebutuhan masyarakat akan adanya pelayanan kesehatan primer yang berkualitas dan terjangkau di Kabupaten Banyuwangi. Munculnya program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (JPKMB) adalah jawaban dari permasalahan tersebut, dimana program tersebut dilaksanakan tanpa memungut biaya dari masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Bagaimanakah implementasi program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (JPKMB) dalam mewujudkan pelayanan kesehatan primer bagi seluruh lapisan masyarakat, bagaimanakah pencapaian dari Implementasi Program Jaminan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Banyuwangi (JPKMB), dan apa sajakah faktor yang menjadi pendukung dan penghambatnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif dan menggunakan metode analisis data model Spradley.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/227/051202049
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2012 09:27
Last Modified: 22 Oct 2021 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115332
[thumbnail of 051202049.pdf]
Preview
Text
051202049.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item