Strategi Penertiban Pedagang Kaki Lima (Pkl) Melalui Pendekatan Kepemimpinan Persuasif ( Studi Pada Pemerintah Kota Solo )

PrajasariFrahlevi (2012) Strategi Penertiban Pedagang Kaki Lima (Pkl) Melalui Pendekatan Kepemimpinan Persuasif ( Studi Pada Pemerintah Kota Solo ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pedagang Kaki Lima adalah pelaku ekonomi sektor informal dalam perekonomian di perkotaan yang keberadaannya sering dipandang sebelah mata, karena dianggap mengganggu tata kota. Faktor pendidikan yang sebagian besar rendah mendorong mereka untuk menjadi PKL, karena untuk menjadi Pedagang Kaki Lima tidak memerlukan banyak modal dan bisa berjualan dimana saja yang dianggap strategis. Keberadaan PKL dianggap mengganggu keindahan dan ketertiban perkotaan, sehingga sering sekali Pemerintah Kota dalam melakukan penertiban PKL mengunakan kekerasan sehingga menimbulkan kerugian dan anyak menelan korban. Dari fenomena tersebut Pemerintah Kota Solo berusaha melakukan penertiban PKL dengan pendekatan persuasif yang humanis, agar tidak menelan kerugian dan korban jiwa. Pendekatan Persuasif adalah pendekatan yang dilakukan dengan melakukan dialog oleh Walikota Solo kepada para PKL, disini dialog dilakukan dari hati kehati dan humanis, Walikota Solo mengutarakan apa yang di inginkan oleh Pemerintah Kota Solo, dan PKL pun juga mengungkapkan apa yang menjadi keinginan mereka, sehingga nantinya akan ditemukan solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa bagaimana penertiban Pedagang Kaki Lima yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Solo dengan menggunakan Pendekatan Persuasif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi; instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, catatan lapangan; metode analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Fokus penelitian ini antara lain (1) Kebijakan penertiban PKL di Kota Solo, mencakup : a). Sosialisasi kebijakan penertiban PKL di Kota Solo, b). Implementasi kebijakan penertiban PKL di Kota Solo. (2) Proses relokasi PKL di Kota Solo, mencakup : a). Persiapan Pemindahan dan Penentuan lokasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/211/051201943
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 14:05
Last Modified: 22 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115315
[thumbnail of 051201943.pdf]
Preview
Text
051201943.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item