Pemberian Motivasi Dan Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt. Bank Jatim Cabang Malang)

Ariatama,FransiskaPutri (2012) Pemberian Motivasi Dan Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pt. Bank Jatim Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan ketatnya persaingan di dunia perusahaan, membuat karyawan dituntut untuk memiliki prestasi kerja yang tinggi untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Dalam mencapai prestasi kerja yang tinggi tersebut, maka setiap karyawan membutuhkan motivasi agar dapat bekerja sesuai dengan tujuan dan harapan perusahaan. Motivasi merupakan suatu dorongan atau rangsangan yang ada dalam diri seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara sadar. Jenis motivasi ini ada dua, yaitu motivasi positif dan motivasi negatif. Pemberian kedua motivasi tersebut harus dilakukan secara tepat dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan karyawan, serta harus berupaya untuk mempertahankan agar prestasi kerja karyawan meningkat sesuai dengan kehendak perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus penelitiannya ini adalah: 1) Pemberian Motivasi Karyawan pada PT. Bank Jatim Cabang Malang, antara lain: a) Pemberian Motivasi positif, b) Pemberian Motivasi Negatif, 2) Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Bank Jatim Cabang Malang, meliputi: a) Ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, b) Tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaannya, c) kelancaran karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya, d) kehadiran karyawan serta kemampuan yang dimiliki karyawan dalam bidang tugasnya, e) Pengetahuan yang dimiliki karyawan dalam bidang tugasnya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian motivasi pada karyawan PT. Bank Jatim Cabang Malang sudah diterapkan dan berjalan. Hal ini terwujud dari pemberian motivasi yang tepat dan sesuai situasi, kondisi dan kebutuhan pada karyawan, sehingga menimbulkan rangsangan pada karyawan untuk bekerja lebih baik dan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya. Upaya yang dilakukan PT. Bank Jatim Cabang Malang dalam mencapai prestasi kerja karyawan yang bagus dan sesuai dengan harapan, ini dilaksanakan dengan adanya sistem pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia melalui program pendidikan dan pelatihan yang diperuntukan untuk seluruh karyawan PT. Bank Jatim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/209/051201941
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 13:12
Last Modified: 22 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115312
[thumbnail of 051201941.pdf]
Preview
Text
051201941.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item