mplementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di SMP Negeri 1 Sukoharjo (Suatu Tinjauan Pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaran Seko

Saputro, ApriantoAgung (2012) mplementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di SMP Negeri 1 Sukoharjo (Suatu Tinjauan Pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 78 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaran Seko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Sukoharjo apabila ditinjau pada Permendiknas nomor 78 tahun 2009, (2) Kendala-kendala yang dihadapai dan upaya-upaya yang dilakukan SMP Negeri 1 Sukoharjo untuk mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari dokumen tertulis, informan, dan tempat peristiwa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi (arsip). Pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu dengan menjaring sebanyak mungkin informasi dari berbagai sumber. Validitas keabsahan data dengan trianggulasi. Analisis data dengan data reduction , data display , dan conclusion drawing yang saling berinteraksi untuk verifikasi atau penarikan kesimpulan. Implementasi program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Sukoharjo ditinjau dari Permendiknas Nomor 78 Tahun 2009 tertuang dalam delapan komponen utama, meliputi: (a) Standar Kompetensi Lulusan yaitu mencapai nilai KKM ideal 75, mencapai standar nilai ujian nasional 75, memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan adanya muatan lokal berupa Bahasa Jawa serta diperkaya keunggulan mutu yang berstandar internasional. (b) Standar Isi yaitu menggunakan kurikulum KTSP sekolah RSBI dan pengaturan beban belajar masih menggunakan sistem paket. (c) Standar Proses berupa pembelajaran menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi informasi, aktif, kreatif, efektif, menyenangkan dan kontekstual serta mampu menumbuhkembangkan daya kreasi, inovasi, nalar, dan bereksperimentasi dari peserta didik. (d) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan yaitu memiliki 12% pendidik yang berpendidikan S2 sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, belum keseluruhan pendidik mampu berbahasa inggris dengan aktif, tenaga kependidikan sudah memenuhi standar SBI, dan kepala sekolah telah memenuhi syarat sebagai kepala sekolah yang berstandar internasional. (e) Standar Sarana dan Prasarana yaitu melengkapi setiap ruang kelas dengan sarana pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi, perpustakaan belum melengkapi dengan sarana e-library , melengkapi sarana dan prasarana yang dapat dimanfaatkan peserta didik untuk mengembangkan potensi dibidang akademik dan nonakademik. (f) Standar Pengelolaan yaitu menerapkan sistem manajemen mutu ISO versi 9001:2008, menjalin kemitraan dengan sekolah unggul di negara Turki dan Singapura, menerapkan sistem administrasi sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi. (g) Standar Pembiayaan yaitu sumber dana pembiayaan sekolah berasal dari pemerintah pusat melalui APBN dan BOS, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, serta melaksanakan sekolah gratis dengan tidak menarik biaya pendidikan. (h) Standar Penilaian yaitu mengembangkan sistem penilaian yang berbasis teknologi informasi, melaksanakan ujian nasional, melaksanakan ujian sekolah yang mengacu pada kurikulum satuan pendidikan dalam bahasa Inggris, dan belum dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengakses sertifikasi dengan sekolah mitra. Kendala dan usaha yang dilakukan SMP Negeri 1 Sukoharjo dalam melaksanakan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) meliputi: (a) Kekurangan dana, usaha yang dapat dilakukan mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah untuk pengembangan sekolah. (b) Kualitas SDM yang belum memenuhi standar SBI, usaha yang dilakukan dengan mengadakan pelatihan ICT dan mengadakan kerja sama dengan lembaga kursus bahasa inggris. (c) Kurikulum Sekolah (RSBI) yang belum memenuhi standar, usaha yang dilakukan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP RSBI) untuk acuan dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/199/051201855
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jun 2012 14:23
Last Modified: 22 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115302
[thumbnail of 051201855.pdf]
Preview
Text
051201855.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item