Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. (Studi tentang Undang-Undang no. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah )

Megasari, DwiSeptina (2012) Sistem Dan Prosedur Pemungutan Pajak Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. (Studi tentang Undang-Undang no. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai konsekuensi dikeluarkannya Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, maka sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah akan mengalami perubahan-perubahan mendasar. Masing-masing daerah dituntut untuk berupaya meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah dengan hanya memungut pajak yang ada dalam undang-undang agar mampu membiayai penyelenggaraan pemerintahan. Pihak pemerintah daerah khususnya Dispenda harus dapat memberikan banyak perubahan di sisi substansi alias meningkatkan kualitas pelayanan dari pajak untuk mengoptimalkan pajak yaitu memperbaiki sistem dan prosedurnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah di Dispenda Kabupaten Banyuwangi, kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Banyuwangi, kendala-kendala yang di hadapi dalam pemungutan pajak daerah. penelitian ini mengambil lokasi di Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil bahwa: 1) a) Pelaksanaan sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah di Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi mempunyai alur kerja yang sistematis dan pembagian tugas yang jelas, b) Kemampuan aparat pelaksana pemungutan pajak daerah pada Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi mumpuni dan sesuai dengan bidangnya masing-masing, c) Target dan realisasi penerimaan pajak daerah di Dinas Pendapatan Kabupaten Banyuwangi telah tercapai, 2) Kontribusi Pajak daerah dapat ditingkatkan lagi apabila dilakukan penambahan wajib pajak daerah dan pemungutan pajak daerah secara efektif, 3) a) Kurangnya kesadaran wajib pajak, b) Wilayah kerja yang sangat luas, c) Minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah di Banyuwangi sudah efektif bila dilihat dari segi potensi pemungutannya. Walaupun potensi dan penerimaan dari sektor pajak daerah mengalami peningkatan akan tetapi kontribusi pajak daerah terhadap PAD terbilang kecil. Oleh karena hal itu perlu dilakukan upaya peningkatan pemungutan pajak daerah melalui peningkatan sistem dan prosedur pemungutan pajak daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/196/051201852
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2012 11:07
Last Modified: 22 Oct 2021 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115299
[thumbnail of 051201852.pdf]
Preview
Text
051201852.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item