Evaluasi Atas Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.102 Tentang Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Malang)

Arista, Fenny (2012) Evaluasi Atas Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.102 Tentang Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada PT. Bank BRI Syariah Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Penggolongan bank dibagi menjdi dua jenis, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Salah satu pembiayaan bank syariah adalah murabahah. Pembiayaan Murabahah merupakan jasa pembiayaan berbentuk transaksi jual beli berdasarkan pesanan ataupun tanpa pesanan dan pembayarannya dapat dilakukan secara tunai atau cicilan.Pembiayaan Murabahah diatur dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.102, kegiatan yang di atur dalam PSAK No.102 meliputi karakteristik Murabahah , pengkuan dan pengukuran, penyajian, dan pengungkapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan pembiayaan murabahah pada PT.Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk Kantor Cabang Syariah Malang dengan PSAK No.102 tentang akutansi murabahah dan prinsip syariah. Skripsi ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif studi kasus. Penelitian ini menggambarkan proses pelaksanaan pembiayaan murabahah pada bank syariah. Studi kasus pada penelitian ini dilakukan pada PT.Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk Kantor Cabang Syariah Malang. Dari hasil analisis tersebut, secara keseluruhan PT.Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk Kantor Cabang Syariah Malang telah sesuai dengan PSAK No.102 tentang pembiayaan Murabahah, hanya saja ada tiga poin yang tidak sesuai dengan PSAK No.102 dan Prinsip Syariah yaitu: a) Kebijakan tentang pengakuan dan pengukuran uang muka yang tidak digolongkan menjadi kebijakan formal oleh PT.Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk Kantor Cabang Syariah Malang, b) bentuk pembiayaan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah yaitu dalam pengadaan barang Murabahah bank seringkali mewakilkan pembeliannya kepada nasabah, c) pembebanan biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah diawal transaksi, sehingga biaya administrasi tersebut bukan berasal dari riil cost. Saran yang diberikan antara lain: a) Perlu dilakukan evaluasi bagi PT.Bank Rakyat Indonesia Persero, Tbk Kantor Cabang Syariah Malang tentang kebijakan uang muka, b) pihak Bank syariah seharusnya menyediakan barang yang dibutuhkan oleh pembeli dan bukan memberikan sejumlah uang sebesar harga jual barang karena hal ini beresiko tinggi untuk penyelewengan dana, c) pembebanan biaya administrasi sebaiknya dibebankan ketika proses pengadaan barang telah selesai dilakukan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/190/051201846
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jun 2012 14:43
Last Modified: 22 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115293
[thumbnail of PART_1.pdf]
Preview
Text
PART_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PART_2.pdf]
Preview
Text
PART_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of TABEL_3.pdf]
Preview
Text
TABEL_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TABEL_4.pdf]
Preview
Text
TABEL_4.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item