Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pakis Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi pada Puskesmas Pakis Kabupaten Malang)

Primadani, Priza (2012) Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pakis Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Studi pada Puskesmas Pakis Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik I ndonesia Tahun 1945 pasal 28 H. Dan Puskesmas merupakan Usaha Pelaksana Teknis Dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembantu kesehatan di suatu wilayah kerja. Namun pada satu tahun terakhir ini jumlah kunjungan Puskesmas mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Dengan adanya penurunan jumlah kunjungan ke Puskesmas maka tujuan yang ingin dicapai yaitu mendeskripsikan dan menganalisis mekanisme/prosedur pelayanan serta kondisi keberadaan fasilitas dan sumber daya aparatur di Puskesmas Pakis Kabupaten Malang. Dan pada akhirnya mengetahui tingkat kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Pakis Kabupaten Malang berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantilatif atau kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif, dan pendekatannya menggunakan pendekatan deskriptif. Fokus dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi pelayanan di Puskesmas Pakis dilihat dari segi mekanisme/prosedur pelayanan, kondisi keberadaan fasilitas dan sumber daya aparatur, serta indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatannya. Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan masyarakat, mekanisme/prosedur pelayanan kesehatan di Puskesmas Pakis sudah baik, serta apabila dilihat dari kondisi fasilitas dan sumber daya aparatur sudah baik dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk hasil dari perhitungan akhir Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Pakis Kabupaten Malang, menunjukkan total nilai unsur pelayanan sebesar 75,76 yang berarti mutu pelayanan secara umum “baik”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/169/051201764
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2012 11:02
Last Modified: 22 Oct 2021 03:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115268
[thumbnail of 051201764.pdf]
Preview
Text
051201764.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item