Analisis Struktur Modal Dalam Kaitannya Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Unilever Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010)

Liorrena,Ivone (2012) Analisis Struktur Modal Dalam Kaitannya Dengan Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Unilever Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan jenis sumber modal bagi pendanaan kegiatan perusahaan sangat berpengaruh pada besarnya nilai perusahaan. Salah satu contohnya ialah dengan menggunakan sumber modal yang berasal dari hutang akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal pajak karena jumlah perlindungan pajak yang diterima perusahaan akan semakin besar bila jumlah bunga hutang yang harus dibayar semakin besar pula. Sedangkan bunga pinjaman adalah pengurang dari pajak yang harus dibayar perusahaan, karenanya semakin besar hutang perusahaan, pajak yang dibayar pun akan semakin sedikit. Ini akan menjadikan niali perusahaan semakin meningkat, namun terlalu besarnya jumlah hutang dalam struktur modal akan menimbulkan resiko keuangan yang besar pula. Karenanya penentuan komposisi sumber modal yang tepat sangatlah penting dalam usaha meningkatkan nilai perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan ditinjau dari sudut pandang struktur modalnya dalam kaitannya dengan nilai perusahaan yang telah dicapai perusahaan selama periode 2008-2010 dan melakukan analisis terhadap struktur modal dalam kaitannya dengan nilai perusahaan yang dicapainya melalui studi kasus pada PT Unilever Indonesia tbk. Penelitian ini ingin mengetahui nilai perusahaan ditinjau dari struktur modal perusahaan Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Menurut Nazir (2005:63) metode penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi atau gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta, sifat-sifat dan hubungan antara fenomena yang diteliti. Hasil dari penelitian di PT Unilever Indonesia Indonesia Tbk menunjukkan bahwa kondisi perusahaan pada periode tahun 2008-2010 adalah bervariasi disebabkan oleh penggunaan komponen struktur modal yang berubahubah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/115/051201384
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 13:06
Last Modified: 22 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115209
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of tanda_pengesahan.pdf]
Preview
Text
tanda_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item