Analisis Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Return On Investment (Roi) (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estat Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010)

Handayani,Vitria (2012) Analisis Beberapa Variabel Yang Mempengaruhi Return On Investment (Roi) (Studi Pada Perusahaan Properti dan Real Estat Yang Listed di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan rasio Account Receivable Turnover (ARTO), Inventory Turnover (ITO), Fixed Assets Turnover (FATO), Total Debt To Total Assets Ratio (TDTAR), dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Investment (ROI). Selanjutnya untuk mengetahui variabel apa yang berpengaruh dominan terhadap Return On Investment (ROI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang terdapat penelitian ini adalah 50 perusahaan. Pemilihan sampel penelitian ditetapkan dengan teknik purposive sampling . Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sampel penelitian sebanyak 8 perusahaan. Dengan analisis deskriptif, asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dapat diketahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat secara simultan serta variabel bebas apa yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari rasio Account Receivable Turnover (ARTO), Inventory Turnover (ITO), Fixed Assets Turnover (FATO), Total Debt To Total Assets Ratio (TDTAR), dan Total Assets Turnover (TATO) terhadap Return On Investment (ROI) dan tidak ada variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap Return On Investment (ROI). Berdasarkan standardized beta , variabel yang memiliki standardized beta tertinggi adalah ARTO. Perusahaan harus tetap memperhatikan variabel-variabel independen yang lain karena secara simultan terbukti berpengaruh. Perusahaan harus lebih berhati-hati dalam mengambil langkah dan keputusan keuangan karena akan sangat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/10/051200248
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2012 13:51
Last Modified: 22 Oct 2021 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115192
[thumbnail of 051200248.pdf]
Preview
Text
051200248.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item