AplikasiPrinsip Total Quality Management Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Puskesmas Manukan Kulon, Surabaya)

Indrawan, Fitrah (2011) AplikasiPrinsip Total Quality Management Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Puskesmas Manukan Kulon, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis upaya-upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Manukan Kulon dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip Total Quality Management dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Mengingat Puskesmas merupakan organisasi publik yang bergerak di bidang jasa kesehatan, maka dibutuhkan suatu pendekatan manajemen yang kuat untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Salah satunya adalah dengan pendekatan Total Quality Management . Selain itu, penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mendorong dan menghambat dalam mengaplikasikan prinsip Total Quality Management dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis fenomenafenomena yang terjadi. Dalam metode kualitatif ini menggunakan metode observasi, metode wawancara terhadap karyawan yang terlibat dan pelanggan, serta metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Manukan Kulon dalam mengaplikasikan prinsip Total Quality Management dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari upaya-upaya Puskesmas Manukan Kulon yang meliputi Keterlibatan Karyawan, Perbaikan Kesinambungan dan Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini juga menunjukkan dengan adanya pendidikan yang tinggi, komitmen manajemen yang kuat, sikap keramahan yang baik dan harapan pelanggan yang tinggi merupakan faktor yang mendukung dalam mengaplikasikan prinsip Total Quality Management . Sedangkan sarana medis yang kurang memadai, dan masalah keterbatasan dana merupakan faktor yang menghambat dalam mengaplikasikan prinsip Total Quality Management .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/94/ 051100790
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Nov 2011 12:10
Last Modified: 15 Nov 2011 12:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115183
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item