Dampak Program Pemberdayaan Perempuan Terhadap Pola Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi)

Kristianto, YogasBagus (2011) Dampak Program Pemberdayaan Perempuan Terhadap Pola Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesejahteraan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan tingkat kesejahteraan penduduk merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan telah dicapai oleh suatu wilayah pada periode tertentu. Namun pada kenyataannya kesejahteraan itu tidak sesuai yang diinginkan karena masih banyak masyarakat yang berada pada garis kemiskinan. Kesejahteraan yang tidak merata khususnya pada masyarakat di daerah sekitar hutan inilah yang melatarbelakangi dilaksanakannya program Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH). Tujuan dilaksanakan program ini adalah untuk meningkatkan potensi dan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar hutan. Seiring pelaksanaan dari program ini banyak dampak-dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat baik itu bidang sosial maupun ekonomi. Maka bahasan ini sangat penting untuk diidentifikasi lebih mendalam guna mencapai tingkat kesejahteraan masyarakat yang diinginkan. Penelitian dilakukan di wilayah kabupaten Ngawi lebih tepatnya di daerah Desa Gandong, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Alasan daerah tersebut menjadi tempat penelitian dikarenakan dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan KPDH ini terlihat jelas dan sudah dapat dirasakan oleh sebagian besar masyarakat di daerah tersebut. Selain itu juga daerah tersebut merupakan daerah perintis dilaksanakannya program KPDH ini. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif ini, bertujuan untuk mengetahui implementasi program Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH), dampak dari pelaksanaan program KPDH dan faktor-faktor yang mempengaruhi program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan yang terkandung di dalam pelaksanaan kebijakan program Kelompok Perempuan Desa Hutan (KPDH) untuk peningkatan pola hidup dan kesejahteraan masyarakat, sebagian besar sudah dirasakan oleh masyarakat. hal ini dibuktikan dengan adanya perubahanperubahan yang terjadi diantaranya yaitu perubahan pada pola hidup dan perubahan pada sosial ekonomi masyarakat di daerah sekitar hutan. Selain dampak yang ditimbulkan dalam pelaksanaan program KPDH ini tidak lepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhinya. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka ada beberapa saran agar tujuan dalam kebijakan agar tercapai secara maksimal. Saran tersebut antara lain melakukan pendampingan secara berkesinambungan, meningkatkan pola hubungan yang baik diantara elemen-elemen yang berkenaan dengan kebijakan, memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada dan masih banyak hal yang dapat dilakukan. Kedala yang ada dapat dihadapi dengan memanfaatkan potensi dan peluang yang ada secara meksimal dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/87/ 051100702
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 May 2011 10:48
Last Modified: 20 May 2011 10:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115176
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item