Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Dalam Mewujudkan Birokrasi Yang Profesional (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumenep)

PrasetyoB, Ajie (2011) Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Dalam Mewujudkan Birokrasi Yang Profesional (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumenep). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuntutan masyarakat akan perbaikan / peningkatan mutu dalam hal pelayanan publik serta perwujudan birokrasi yang profesional pada masa globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini, dengan yang demikian sudah barang tentu akan menuntut tidak hanya sumber daya aparatur secara an sich , namun dibutuhkan sumber daya aparatur yang dinamis, responsif, korektif dan kolaboratif. Salah satu upaya peningkatan mutu aparatur yang demikian adalah melalui pemberdayaan sumber daya aparatur pemerintah yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis : 1) Pemberdayaan Sumber Daya Aparatur Pemerintah yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumenep dalam mewujudkan Birokrasi yang profesional; 2) Faktor-faktor pendukung maupun penghambat yang dihadapi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumenep; 3) Hasil setelah dilakukannya pemberdayaan sumber daya aparatur pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang profesional yang dihadapi oleh Badan Kepegawaian daerah Kabupten Sumenep. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1). Upaya pemberdayaan aparatur terdiri dari upaya pemberdayaan sumber daya aparatur pemerintah dalam meningkatkan pendidikan, Upaya pemberdayaan sumber daya aparatur pemerintah dalam meningkatkan dan memperbaiki kedisiplinan, Upaya pemberdayaan sumber daya aparatur pemerintah dalam meningkatkan tingkat kinerja atau produktivitas; 2). Faktor-faktor pendukung maupun penghambat yang dihadapi berupa kewenangan yang belum jelas, faktor keuangan/dana, terbatasnya sarana dan prasarana, dan rendahnya kualitas sumber daya manusia dan; 3). Hasil setelah dilakukannya pemberdayaan sumber daya aparatur berdampak pada adanya perbaikan perilaku dari pegawai sendiri telah membawa dampak positif pada peningkatan tingkat kinerja organisasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sumenep serta berdampak pada struktur organisasi yaitu terciptanya struktur yang lebih dinamis, lebih responsif terhadap masyarakat dan bisa bekerja dengan lebih profesional. Saran yang dapat diberikan antara lain : Pemerintah memberikan peraturan yang lebih fleksibel berkaitan dengan kewenangan dalam melaksanakan pemberdayaan aparatur; memberikan pemahaman akan pentingnya pemberdayaan serta program-program pemberdayaan yang baik pada level-level manajemen; perlu ada penciptaan lingkungan yang terbuka serta adanya tingkat persaingan yang tinggi dan sehat guna mendukung proses pemberdayaan yang dilaksanakan;

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2011/79/ 051100694
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2011 09:19
Last Modified: 25 May 2011 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115167
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item