Ardiansyah, Farid (2011) Analisis Faktor Psikologis Konsumen dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengguna Handphone Qwerty di Malang Plasa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor psikologis yang dipertimbangkan konsumen dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan sendiri-sendiri faktor Psikologis Konsumen (Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keyakinan dan Sikap) terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 134 orang responden yang merupakan pengguna handphone Qwerty di Malang Plasa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Persepsi, faktor Keyakinan dan Sikap, faktor Motivasi, faktor Sumber Informasi, secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung sebesar 32,14 dengan tingkat signifikansi 0,000 (P<0,05). Terdapat 4 faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian, yaitu faktor Persepsi dengan t hitung sebesar 6,472 dengan probabilitas 0,000. Faktor Keyakinan dan Sikap dengan t hitung sebesar 8,064 dengan probabilitas 0,000. Faktor Motivasi dengan t hitung sebesar 3,599 dengan probabilitas 0,000. Faktor Sumber Informasi dengan t hitung sebesar 2,949 dengan probabilitas 0,004. Dari keempat faktor bebas, yaitu faktor Persepsi, faktor Keyakinan dan Sikap, faktor Motivasi, faktor Sumber Informasi, faktor Keyakinan dan Sikap mempunyai nilai beta tertinggi yaitu 0,502 dibandingkan dengan faktor lain. Hal ini berarti bahwa faktor Keyakinan dan Sikap merupakan faktor yang dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari penelitian ini, faktor yang berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian yaitu faktor Persepsi, faktor Keyakinan dan Sikap, faktor Motivasi, faktor Sumber Informasi. Oleh karena itu, disarankan kepada produsen dan pemasar handphone Qwerty adalah mempertimbangkan faktor Keyakinan dan Sikap konsumen, dengan tidak melupakan faktor Persepsi, Motivasi, Sumber Informasi. Hal ini dilakukan agar konsumen dalam melakukan pembelian merasa terpenuhi kebutuhannya, terutama dalam membeli handphone Qwerty. Selain itu, produsen dan pemasar handphone Qwerty harus menjaga kinerja dan kualitas produknya agar penilaian dalam diri konsumen, bahwa dengan membeli handphone Qwerty sesuai dengan kualitas dan memiliki fungsi guna yang baik. Selain itu, produsen handphone Qwerty harus menjaga kinerja dan kualitas produknya agar timbul kepercayaan dalam diri konsumen, bahwa telah membuat penilaian yang tepat dengan membeli handphone Qwerty. Selain itu, produsen handphone Qwerty selalu menjaga dan terus meningkatkan kualitas produk dan berbagai faktor pendukung lain, misalnya dengan memberikan service center resmi, layanan purna jual, ketersediaan suku cadang, serta tidak meninggalkan promosi dengan mengedepankan keunggulan handphone Qwerty dibandingkan dengan handphone lain, mengingat semakin beragam dan banyak pesaing dalam industri telekomunikasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2011/58/ 051100673 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 20 May 2011 09:42 |
Last Modified: | 20 May 2011 09:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |